Senin, 29 November 2010

TV TOSHIBA 14c2e1 KENA PETIR


TV TOSHIBA 14C2E1
by:Asiatronik
Peralatan elektronik audio video

Problem kerusakan : Waktu hujan deras posisi tv stanby indikator merah hidup , kemudian ada suara petir , tv pada indikator merah sudah mati .

* Dalam langka awal buka tutup kabinet belakang dan bersihkan , setelah itu dalam langka pengamatan terutama pada mainboard pcb , dari sini sepertinya tidak ada tanda - tanda komponen yang terbakar , kemungkinan petir hanya menyambar listrik , sehingga ada perubahan tegangan yang merusak areal power suplay tv tersebut .


* Dalam langka pengukuran mulai dari areal power suplay fuse normal , kuprok normal , elko 220/450 volt normal selanjutnya pada STR W5753 A melihat bentuk fisik kurang meyakinkan terlihat bodynya cacat atau retak , kemudian pengukuran di areal trafo sekunder , pada pengukuran elko 220/160 volt dibolak balik avometer menunjukan konek semua .

* Kalau dalam pengukuran bolak balik pada avometer di elko 220/160 volt konek semua , prediksi dalam hal ini bisa disebabkan transistor koslet , flyback koslet ,atau capasitor bocor bisa juga diode yang koslet , tetapi setelah jumper yang menuju ke areal horisontal dilepas baru tahu kepastian problem kerusakannya ada pada diode FR 107 .

* Dalam pergantian sparepart STR W5753 A dan diode FR107 diganti dengan yang baru , setelah 2 komponen ini diganti , tv coba untuk dihidupkan ternyata indikator led warna merah nyala , dalam pengukuran tegangan hasil trafo sekunder pada elko ada tegangan 70 volt , posisi stanby sedangkan pada posisi on 115 volt , dalam hal ini jumper yang menuju areal horisontal belum terpasang .

* Dalam perkiraan tegangan yang diharapkan sudah sesuai dan sudah normal 115 volt , tetapi setelah 2 menit tegangan hilang , power dimatikan pengukuran kembali ternyata diode FR 107 koslet ,diganti koslet lagi setelah habis 3 biji , coba dengan elko 220/160 volt diganti namun diode putus lagi , capasitor filter 471/2kv yang sejajar dengan diode diganti , dan coba putus lagi , jalan terakhir komponen yang ada tinggal spoel filter , letaknya posisi spoel filter adalah setelah trafo , spoel filter kemudian ke diode , Sedangkan bila spoel filter ini diukur dengan avometer ternyata normal saja .

* Dalam akhir pencarian ternyata PEMANGSA DIODE yaitu spoel filter ini , Dalam langka selanjutnya dicoba tanpa spoel filter , dari trafo sekunder langsung ke diode , dengan jalan tersebut ternyata diode aman dari pembunuhan , sekarang waktunya mencoba jumper yang menuju keareal horisontal dipasang kembali , dan posisi tv coba dihidupkan ,tv dalam keadaan nyala normal selama kurang lebih 4 jam , ternyata tv tidak mengalami problem dan sudah sempurna , dan tentunya tanpa pemasangan kembali si pembunuh diode .

* Demikian sekilas info mengenai salah satu problem kerusakan tv yang terkena imbas petir semoga bisa menambah wawasan Anda dan tentunya dapat bermanfaat===Asiatronik===

6 komentar:

  1. Bos tv sy Tosiba 14LCE17 kena petir terus kalau di colok listrik langsung padam alias turun MCBnya kira2 apanya yg koslet pada Tv tsb. Trims..

    BalasHapus
  2. Bos tv sy Tosiba 14LCE17 kena petir terus kalau di colok listrik langsung padam alias turun MCBnya kira2 apanya yg koslet pada Tv tsb. Trims..

    BalasHapus
  3. Tv tosiba bomba gak bisa nangkap siaran

    BalasHapus
  4. Tegangan yg menuju keflay bak sebenarnya berapa ?

    BalasHapus
  5. mungkin ad pngalaman pernah ganti STRW5753A klo boleh tau persamaannya seri brapa ter...punyaan tv thosiba

    BalasHapus