Sabtu, 30 Oktober 2010

SPEAKER AKTIF DAN SUBWOOFER

SPEAKER AKTIF DAN SUBWOOFER- Peralatan elektronik Audio

Problem kerusakan :

* Lampu indikator mati tidak ada tanda kehidupan .

* Langka awal buka tutup kabinet belakang pada speaker subwoofer , karena amplifier dan trafo ada di dalam boks /salon ini . sedangkan tone kontrol berada di dalam boks / salon yang kecil .

* Dalam pengamatan didalam salon subwoofer , perangkat fisik rangkaian amplifier terlihat seperti tidak menunjukan problem kerusakan . tetapi dalam langka pengukuran pada trafo primer avometer tidak bergerak sama sekali , ini menandakan bahwa trafo putus ,

* Selanjutnya mengeluarkan dan membuka trafo , dalam mengamati aliran tegangan AC dari steker melalui switch power kemudian langsung ke trafo tanpa melalui sekering . jadi dampaknya bila terjadi problem kerusakan naik turunnya AC langsung ketrafo .

* Langka perbaikan pada trafo , Biasanya trafo yang bermutu atau baik didalam nya sudah dilengkapi dengan komponen proteksi , komponen tersebut berupa THERMOFUSE , yang letaknya melekat pada kawat email bagian trafo primer . ternyata benar setelah trafo dibuka bagian primer ada komponen thermofuse , ambil dan ganti dengan yang baru .

* Setelah trafo diperbaiki sekarang mencoba perangkat ini untuk dihidupkan , ternyata ada reaksi suara berdengung dengan keras , akhirnya power switch dimatikan , sekarang mulai pengamatan pada areal power amplifier, yang di mainboard pcb ada 4 IC power ,2 ic untuk penguat subwoofer ,2 ic lagi sebagai penguat speaker satelite kiri dan kanan .

* Sepertinya dilihat pada fisik ic tidak ada tanda - tanda problem kerusakan ,selanjutnya pengukuran pada diode kuprok yang terdiri dari 4 diode, disini ternyata dalam pengukuran ada salah satu diode yang mengalami short/koslet . diode dengan nilai 6 Ampere ini dilepas kemudian ganti dengan yang baru . Selanjutnya coba kembali power dihidupkan ..OK..ternyata sudah tidak ada reaksi berdengung lagi . line in di coba dengan DVD suara pada speaker satelite sangat jernih dan hantaman bass pada subwoofer sangat sempurna .

* Demikian sekilas info mengenai salah satu problem kerusakan yang terjadi pada speaker aktif ini dan semoga dapat menambah wawasan yang bermanfaat ===Asiatronik===

5 komentar:

  1. mau nanya gan. kalo jenis trafo buat speaker subwoofer pake yang ct atau 0 ya?

    BalasHapus
  2. klw TR'y jebol trus....jenis TR'y TIP41 n TIP42...apa yg mnyebabkn booss..mhon bantuan'y....

    BalasHapus
  3. subwoofer sharp HT CN830 saya ko mati total, padahal tidak ada kabel yang putus, apa ada kerusakan didalamnya ya gan, mohon penjelasannya ya gan ?

    BalasHapus
  4. MAMPIR DI http://limaputracaruban.blogspot.com

    BalasHapus
  5. mau tanya gan, ane punya Subwoofer Lg Model HT 33s tanpa Bluerey, pertanyaan nya apa kah bisa subwoofer itu di sambungkan Pc...thks

    BalasHapus