Minggu, 02 Januari 2011

Tips cara memperbaiki FAN / KIPAS ANGIN

FAN/KIPAS ANGIN -
Perlengkapan elektronik rumah tangga,kantor dll.

Posted by Asiatronik

Problem kendala kerusakan :
* Lampu indikator hidup , tombol switch dan timer normal sedangkan kipas mati .

* Langka awal dalam pengamatan :
Langsung saja menuju areal dinamo motor yang letaknya dibelakang kipas angin tersebut , setelah dibuka dalam pengamatan dinamo luar ternyata tidak ada tanda - tanda bau hangus atau terbakar , berarti spoel dinamo dalam keadaan baik , meskipun didalam pengukuran , pada kabel dinamo pada avometer x 10 tidak bergerak .


* Dalam langka perbaikkan :
* Jika ada problem hal seperti ini biasanya masalah kerusakan ada didalam dinamo , ada salah satu komponen yang meprotekkan diri , komponen tersebut yang dinamakan dengan THERMOFUSE alat ini berfungsi sebagai proteksi pembatas temperatur panas ,tugasnya mengamankan spoel agar tidak terbakar.

* Langka pergantian komponen :
* Selanjutnya membuka di areal dinamo untuk melihat thermofuse berada , ternyata thermofuse letaknya menempel dan melekat pada spoel email dinamo , langka berikutnya mengambil komponen tersebut kemudian diukur dengan avometer dan benar ternyata putus , untuk pergantian spare part/komponen disesuaikan dengan ukuran derajat dan ampere yang sama .

* Langka akhir sesudah pergantian spare part :
* Setelah komponen terpasang sekarang tutup kembali dinamo motor tersebut seperti awal , langka selanjutnya coba untuk dihidupkan, dan ternyata ,,,OK,,,kipas angin sudah dapat berputar dengan normal dan sempurna.

* Demikian sekilas info mengenai salah satu problem kerusakan yang banyak terjadi pada fan / kipas angin ,semoga bisa menambah wawasan Anda dan tentunya dapat bermanfaat===Asiatronik===

7 komentar:

  1. Makasih infonya lain waktu mungkin kipas angin saya rusak akan saya coba perbaiki sendiri hehe

    BalasHapus
  2. terima kasih infonya, mungkin boleh ditambah cara dan foto bagaimana untnuk test avo, thermofuse, spoel yang rusak.... keep sharing thank you..

    BalasHapus
  3. wah.. sebuah wawasan bru... klo bs gamabar & detail nya gan....
    keeep posting2 bru nyok...

    BalasHapus
  4. I like what you guys are doing. Such smart work and reporting! Carry on with the excellent works guys. I have incorporated you guys to my blogroll. I think it will improve the value of my web site.
    http://www.botiquin-de-primeros-auxilios.es/
    Botiquin

    BalasHapus
  5. Gan saya dah coba ganti Thermofuse dan Running kapasitornya.. tapi kok pas dinyalain gak mau muteree.. seperti terkunci.. ada yang bisa bantu.. btw kalo ada yang suka keripik pedes, hubungi saya ya..

    BalasHapus
  6. blog kamu isinya bagus.. semoga bermanfaat... tks

    BalasHapus
  7. mas cara ngelepasin Bosh dari sarangnya gimana ya mas ???
    mohon pencerahannya :)

    BalasHapus