Jumat, 26 November 2010

Sakit pinggang atau kecetit


HATI-HATI KALAU MENGANGKAT BARANG
by:Asiatronik
Sebelum datangnya sakit,ingatlah selalu kesehatanmu

Mengapa Saya Bisa Sakit Pinggang ?

Pertanyaan seperti ini yang sering ditanyakan oleh banyak orang.

* Penyebab mengapa seseorang dapat mengalami sakit pinggang atau yang sudah umum dengan bahasa KECETIT ,

*Hal ini bisa terjadi dikarenakan posisi postur tubuh yang kurang bagus pada waktu :

- Mengangkat beban dengan posisi yang salah

- Jarang berolah raga (pemanasan)

- Mengangkat beban yang terlalu berat

- Duduk terlalu lama dengan posisi yang salah

- Terlalu membungkuk

- Mengangkat barang berat dengan posisi berputar( kaki tetap tapi membawa barang dengan badan memutar )

* Sedangkan posisi yang terbaik dalam mengangkat barang untuk menghindari dari sakit pinggang yaitu dengan :

-Sebelum Mengangkat barang posisi tulang belakang harus lurus , sedangkan posisi kaki diturunkan yang disesuaikan dengan posisi barang berada.contoh olah raga angkat besi , lihatlah pada tulang belakangnya harus lurus.

-Jika barang sudah diangkat diusahakan kalau mau dipindah kearah lain , yang bergerak jangan badan atas tetapi posisi kaki yang diarahkan ketempat yang dituju .

- Usahakan minimal 2 jam sekali menggerakkan kedua tangan keatas dan kedepan, dan jangan lupa untuk selalu minum air putih .

* Posisi yang tidak benar dalam mengangkat beban akan mengakibatkan syaraf tegang, otot terkilir, ligamentum dan bantalan tulang rusak,otot kejepit,dll.

* Apakah sakit pinggang bisa disembuhkan ?
Tentu saja bisa disembuhkan bila belum mencapai tahap yang menyebabkan kerusakan permanen.

* Kalau dibawah kerumah sakit biasanya diarahkan pada ruang FISIOTERAPI , di ruangan ini pasien diberi alat elektromagnetik yang ditempelkan pada daerah yang mengalami sakit yang rasanya hangat kurang lebih selama 10-15 menit sedangkan fungsinya untuk melenturkan otot-otot yang terlilit, setelah itu kemudian pasien diberi lagi alat terapi yang ditempelkan ditempat yang sakit dan diikat dengan rapat yang fungsinya untuk menarik otot-otot yang sudah lentur tadi , supaya otot kembali pada posisi awalnya waktu sebelum sakit . Terapi ini biasanya minimal sampai 10 kali .

* Alternatif kalau dipijat usahakan cari orang yang spesialis dibidangnya terutama pada orang orang yang sudah berpengalaman , jangan coba-coba memijat sendiri kalau salah pijat malah akan beakibat fatal , karena itu jangan sampai meremehkan hal ini , Sakit pinggang atau kecetit kalau dibiarkan akan bisa berakibat fatal yaitu kelumpuhan.

* Jika Anda suka jamu , banyak juga yang sembuh dengan jalan ini , minum saja namanya jamu sakit pinggang atau jamu untuk kecetit , banyak tersedia di toko toko jamu .

* Penulis pernah merasakan 3 minggu tergeletak gara -gara mengangkat tv yang salah posisi ,Makanya sebelum pembaca mengalami hal demikian , saya cepat-cepat membuat posting tentang hal ini , supaya Anda lebih ber hati-hati ,dan tentunya jangan sampai mengalaminya.

* Demikian sekilas info mengenai kesehatan , Semoga bisa menambah wawasan Anda dan tentunya dapat bermanfaat.===Asiatronik===


2 komentar:

  1. barusan kena cetit boss.. pertamakalinya nih..
    >.<" gara2 ngangkat air di timbo..

    thx buat saran dan blognya.. membantu banget.. laen kali kalo angkat barang posisi punggung harus tegak.. biar kakinya aja yg ngangkat..

    BalasHapus