Sabtu, 27 November 2010

LAMPU EMERGENCY

LAMPU EMERGENCY
by:Asiatronik
Peralatan elektronik otomatis pada penerangan disaat listrik mati

Problem kerusakan yang terjadi :

Ada 2 lampu indikator :

1.Led indikator merah menyala .
2.Led indikator hijau mati .

* Dalam langka pengamatan pada modul mainboard pcb , yang tentunya setelah tutup kabinet belakang di buka , ternyata areal di modul pcb tersebut sudah pernah di perbaiki , hal ini bisa terlihat dari cara pemasangan 2 transistor baru yang keliru dalam menyoldenya .

* Selanjutnya dalam langka perbaikkan melepas 2 transistor yang salah pasang tersebut dan mengukur kembali apakah transistor masih baik atau sudah dalam keadaan rusak , setelah diukur ternyata 2 transistor masih baik , pasang kembali pada posisi yang sesuai dengan tulisan di pcb nya .

* Langka terakhir yaitu dengan mencoba untuk mengukur tegangan yang ada pada accu kering , jarum pada avometer menunjukkan ada tegangan sebesar 6 volt berarti accu keadaannya normal , sekarang coba untuk dihidupkan ..OK ternyata lampu neon sudah mau nyala , keadaan lampu normal bila steker ac dicabut lampu neon nyala , dan bila steker ac dimasukkan kecolokan ac , lampu neon harus mati .

* Demikian sekilas info mengenai salah satu problem kerusakan yang terjadi pada lampu emergency /lampu darurat , semoga dapat bermanfaat===Asiatronik===

1 komentar:

  1. Gan,klo lampu emrgency energizer Rusak kira-kira apanya iya?

    BalasHapus