Selasa, 23 Agustus 2011

Yamaha psr24 mati total


Problem kerusakan yang terjadi pada keyboard ini adalah mati total : baik display maupun lampu indikator sama sekali tidak hidup.



Dalam pengamatan setelah tutup terbuka terdapat 3 modul :
1.modul power audio.
2.modul prosessor keyboard.
3.modul pembagi /mixer.

Keyboard yamaha psr24 dilengkapi dengan power suplay outlet berupa adaptor 12 volt. Selain itu juga tersedia tempat batery sebagai power suplay cadangan .

Tahap perbaikan dalam menentukan pengukuran kerusakan : dimulai dari power suplay adaptor , setelah steker ac dimasukan ternyata ada tegangan pada jek output sebesar 12 volt .
hal ini berarti adaptor dalam kondisi baik , langka berikutnya pengukuran pada modul power audio , yaitu tempatnya soket power suplay masuk , pengamatan pada kaki soket power suplay ternyata ada 3 dan hanya 2 kaki yang tidak terkoneksi pada pcb mainboard/ngefong .

Tahap akhir Setelah kaki pada soket di solder lagi , sekarang mulai di coba jek adaptor dimasukan pada soket keyboard yamaha tersebut , ternyata dalam pengukuran dengan avometer tegangan sudah masuk pada modul power audio , power pada panel dihidupkan terlihat antara display dan lampu indikator sudah mau hidup , suara dicoba ternyata sudah normal .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar