Jumat, 12 Agustus 2011

TV storing denging

Problem kerusakan : Mengenai tampilan gambar dan suara sebenarnya tidak ada masalah , keluhannya bila tv dihidupkan terdengar suara frekuensi tinggi /denging/bising /storing yang memekakan telinga .

Langka pengamatan : Setelah membuka tutup kabinet belakang terlihat banyak elko yang sudah melempuh sedangkan pada areal dibalik pcb , solderan banyak yang mau lepas .

Langka penyebabnya : Dalam kasus hal seperti denging /bising /terdengar suara frekuensi tinggi , problemnya biasa pada rangkaian di areal power suplay atau flyback. ini disebabkan karena rangkaian frekuensi yang dihasilkan berupa getaran yang bekerja menggerakan trafo atau flyback tersebut sudah berubah kapasitas nilainya.
Komponen yang sering berubah nilai kapasitasnya yaitu :
1.Bila terletak diareal panas ,
2.Dari umur komponen itu sendiri yang sudah waktunya diganti ,
3.Fungsi kerja dari komponen tersebut misal elko atau resistor yang bekerja pada tegangan yang tinggi maka elko tersebut rawan akan kerusakan .
Komponen tersebut berupa elko yang sudah aus kadangkala juga resistor yang sudah molor , hal demikian ini yang dapat merubah nilai dari kapasitas fungsi kerja pada komponen tersebut .

Langka perbaikkan : Mengganti komponen terutama elko yang dilihat dari bodynya sudah cacat dan solder ulang timah yang kurang melekat pada tembaga pcb , setelah semua sudah diperiksa kembali dan sudah layak sekarang tinggal dicoba dihidupkan , ternyata suara storing /denging itu sudah tidak terdengar lagi .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar