Kamis, 10 Februari 2011

LG LCD 42

posted by Asiatronik

Problem kerusakan : Setelah power remote posisi dihidupkan kadang kala, baik gambar maupun suara normal .Tetapi setelah kurang lebih 5 menit gambar dan suara mati , sedangkan lampu power indikator led hanya kedap kedip.kalau gambar dan suara sudah mati , power LCD sulit untuk dihidupkan .

Langkah Pertama buka tutup kabinet belakang :
Melihat komponen didalam ada 3 modul yang tidak ada kotoran sama sekali ,ini menunjukkan bahwa keadaan LCD masih baru .

Langka kedua pengukuran pada rangkaian Inverter power suplay :
Ternyata dari steker ac masuk langsung menuju power suplay ,tanpa melalui switch power . Power LCD hanya dikendalikan oleh remote kontrol . Sedangkan pengukuran pada salah satu tegangan yang agak meragukan adalah tegangan yang menyuplay ke modul recever tuner,eprom ,ic kontrol mengalami penurunan tegangan yang seharusnya ada tegangan sebesar 16,5 volt tegangan menurun menjadi 11,5 volt .

Langka pergantian spare part mulai dari :
Resistor yang molor nilainya ,elko sampai pada transistor tidak menghasilkan perubahan signifikan ,ada perubahan hanya bisa hidup 1 hari saja setelah itu penyakitnya stroke kambuh lagi ,kadang hidup kadang mati .tegangan 16,5 volt dikendalikan oleh ic mikro dibalik pcb sebagai pengolah frekuensi tegangan inverter, sedangkan kalaupun mau mengganti ic inipun tidak terjual umum , harus 1 modul.

Langka akhir :
Terpaksa membeli spare part 1 modul power suplay LCD tersebut , dan pesan di dealer LG hampir kurang lebih 2 minggu barang baru datang .Setelah modul power suplay terpasang sekarang waktunya untuk mencoba menghidupkan ,Ternyata benar tegangan 16,5 volt normal dan LCD pun hidup dengan sempurna , baik gambar maupun suara sudah normal .Setelah dites selama 2 hari tidak ada kendala , keadaan semua menyala dengan normal maka LCD sudah layak untuk diserahkan pada yang empunya.

Demikian sekilas info mengenai LCD LG 42 semoga dapat bermanfaat.Asiatronik.

2 komentar: