Jumat, 17 Desember 2010

Zodiak Positif, Semangat Positif


Zodiak Positif, Semangat Positif
Post:Asiatronik
shutterstock

Oleh Hermawan Kartajaya (Founder & CEO, MarkPlus, Inc)
Bersama Putu Ikawaisa Mahatrisni (Senior Research Executive, MarkPlus Insight)

* Apa kata Zodiak anda hari ini? Jika anda membaca kata-kata di atas pasti ada saatnya dimana anda akan tergoda untuk mencari tahu apa yang terjadi hari ini sekaligus memastikan tidak ada yang salah dengan ramalan tersebut.

Dalam film Kungfu Panda, terdapat suatu ungkapan, “Yesterday is history. Tomorrow is a mystery. Today is a gift. That’s why it is called the present.” (dikutip dari buku “jadul” Alice Morse Earle dalam Sun Dials and Roses of Yesterday (1902). Sebenarnya kalimat itu ingin mengingatkan bahwa kita jangan melupakan sejarah, dan tetap sabar menjalani hari esok. Namun demikian, bila kejadian hari esok bisa diramalkan, apakah ini tidak membuat penasaran?

Coba anda perhatikan setiap akhir tahun berbagai majalah perempuan pasti menyediakan suplemen mengenai prediksi zodiak atau shio kita untuk tahun mendatang. Apa sih yang menarik dari zodiak ini dan kenapa perempuan menyukainya?

Dalam satu diskusi dengan beberapa perempuan, disebutkan bahwa zodiak merupakan salah satu topik yang disukai oleh mereka. Bagi mereka zodiak bisa menambah kepercayaan diri mereka karena seolah-olah mereka mengetahui apa yang akan terjadi dengan mereka sepanjang hari itu. Mungkin terdengar aneh ketika mereka mengatakan bahwa zodiak juga menjadi spirit booster untuk menjaga mood para perempuan tetap baik sepanjang hari tersebut.

Kekhawatiran “berlebih”, kehati-hatian mengambil sikap atau bertindak, mungkin juga dibumbui dengan adanya rasa kurang percaya diri menghadapi apa yang akan terjadi mendasari perempuan untuk mencari solusi berupa “pegangan”. Salah satu pegangan yang sangat banyak dipakai sebagai acuan oleh perempuan adalah zodiak atau ramalan bintang.


Zodiak paling tidak juga bisa memberi rasa aman bagi perempuan untuk melangkah, karena diposisikan sebagai antisipasi cermin masa depan. Tidak masalah apabila hasil ramalan zodiak hanya bersifat probabilitas, yang penting perempuan tahu terlebih dahulu kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi. Kondisi ini akan membuat mereka siap secara mental dan bisa mengantisipasi kemungkinan terburuk.

Melihat pada topik yang dibaca oleh perempuan dalam suatu majalah, maka pada hasil riset terhadap 1.301 perempuan, diketahui bahwa 34 persen pembaca majalah perempuan menyatakan membaca zodiak mereka dan prediksinya. Ramalan yang menyatakan mereka akan menemukan sesuatu yang akan membahagiakan atau untuk yang berpasangan misalnya akan memperoleh sesuatu menjadi hal yang peling disukai oleh perempuan ketika membaca zodiak. Bahkan jika zodiak tersebut mengatakan bahwa mereka harus menggunakan warna tertentu supaya memberikan efek positif beberapa perempuan akan dengan senang hati mengikutinya.

Adanya futuristic anxiety ternyata dialami lebih banyak pada perempuan dibanding laki-laki, di mana perempuan kurang suka pada ketidakpastian yang mengejutkan. Pada perempuan, kecemasan ini lebih kentara adanya masalah hormonal dan siklus reproduksi yang naik-turun kerap menjadi pemicunya. Serangan ini makin menjadi menjelang masa menstruasi (PMS-premenstrual syndrome), atau ketika kadar hormon estrogen dan progesteron wanita menurun

Pengaruh hormonal pada perempuan menyebabkan perempuan bisa memiliki perubahan mood yang cukup cepat. Membaca sesuatu yang mensugesti perempuan untuk lebih baik tentunya bisa membantu memperbaiki mood yang buruk atau meningkatkan kepercayaan diri jika perempuan tersebut sedang dalam kondisi mood yang cukup baik.
Bagi perempuan muda antara rentang usia 16 -35 tahun, membahas mengenai zodiak bisa menjadi sama serunya dengan membahas satu gossip, biasanya mereka membahas zodiac mereka berikut pasangan yang sedang mereka harapkan. Menemukan kecocokan antara zodiac tentunya menjadi pembahasan menarik diantara perempuan-perempuan mudah tersebut. Topic ini tentunya ringan dan seru karena antara satu dan sama lainnya bisa menemukan kecocokan satu sama lainnya.

Perempuan meskipun sangat emosional, mereka sangat mudah untuk disugesti supaya moodnya lebih baik. Jika mood perempuan baik, maka mereka akan dengan senang hati saling berbagi mengenai informasi apapun sehingga bisa saling melengkapi. Informasi dalam zodiak sebetulnya sangat fancy dan sederhana. Bahkan cenderung irit. Namun kesederhanaan itu membuat perempuan untuk lebih ingin tahu dan menjadikannya bahan untuk percakapan atau mencari tahu lebih jauh lagi.

Demikian juga dalam mengkomunikasikan produk, ketika kita berhasil menyampaikan suatu pesan sederhana namun bisa membuat perempuan merasa senang dan penasaran. Maka bukan tidak mungkin perempuan akan dengan senang hati menghubungkan diri mereka dengan produk tersebut. Bagi perempuan informasi sederhana namun menarik dan update akan memberikan mereka akses untuk tahu lebih banyak dan lebih dulu.

-------------------
Artikel ini ditulis berdasarkan analisa hasil riset sindikasi terhadap hampir 1301 responden perempuan di 8 kota besar di Indonesia, SES A-D, Usia 16-50 tahun, yang dilakukan bulan Mei - Juni 2010 oleh MarkPlus Insight berkerjasama dengan Komunitas Marketeers.

Tulisan 49 dari 100 dalam rangka MarkPlus Conference 2011 “Grow With the Next Marketing” Jakarta, 16 Desember 2010, yang juga didukung oleh Kompas.com dan www.the-marketeers.com

Editor: Erlangga Djumena
BlackBerry powered by Asiatronik

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar