Rabu, 29 Desember 2010

Cara Merawat Monitor LCD


Tips Cara Merawat Monitor LCD

Anda menggunakan Monitor LCD, Monitor LCD merupakan salah satu peralatan elektronik yang cukup rentan terhadap kerusakan bila dibandingkan dengan monitor biasa. Karena bahan baku dari monitor LCD yang berupa liquid.

Bagaimana cara merawat monitor LCD, agar monitor LCD lebih awet?? Cara Merawat monitor LCD berikut ini :

1. Taruh monitor LCD di tempat yang kering dan terhindar dari sinar matahari secara langsung. Karena hampir seluruh barang elektronik termasuk monitor LCD akan lebih mudah mengalami kerusakan apabila terkena air (udara yang lembab). Dan sinar matahari yang langsung mengenainya akan menimbulkan kerusakan seperti terjadinya perubahan warna, baik pada casing maupun layar monitor LCD.

2. Jangan menyentuh bagian layar LCD. Layar LCD terbuat dari tatanan liquid (cairan), sehingga sangat rentan terhadap pergeseran cairan jika terkena sentuhan. Hindari sentuhan terhadap layar monitor LCd.

3. Tutup monitor LCD setelah digunakan, hal ini bertujuan untuk menghindari monitor LCD dari kotoran.

4. Gunakan resolusi yang direkomendasikan, Setiap Monitor LCD mempunyai resolusi native atau resolusi terbaik dari monitor LCD tersebut. Apabila monitor LCD diset diluar resolusi nativenya, maka dapat dipastikan gambar yang dihasilkan akan berkurang kualitasnya. Seperti monitor LCD 15″ resolusi nativenya 1360 x 768 untuk wide screen.

5. Menggunakan setingan brightness dan control secara wajar, Jika setingan keduanya terlalu tinggi, akan menyebabkan lampu yang ada di dalam monitor LCD akan lebih mudah mati. Gunakan setingan default.

6. Jauhkan monitor LCD dari medan magnet, Jika monitor LCd terlalu dekat dengan sumber medan magnet (speaker) akan menyebabkan rusaknya warna secara permanen.

7. Jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Demikian sekilas tips cara merawat monitor LCD, semoga bermanfaat===Asiatronik===

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar