Selasa, 30 November 2010

TV POLITRON hanya ada garis horisontal

TV POLITRON GAMBAR CACAT

Peralatan elektronik audio video

Problem kerusakan : gambar tidak ada tetapi ada cahaya putih bergaris dari kiri kekanan sedangkan suara normal .

* Dalam langka awal seperti biasa buka tutup kabinet belakang dan bersihkan , langka selanjutnya yaitu dalam langka pengamatan pada mainboard pcb , terutama bagian bawah pada rangkaian vertikal , banyak solderan yang mengalami aus atau ngefong , hal demikian dikarenakan oleh faktor temperatur di areal tersebut ada panas yang berlebihan .

* Dalam langka perbaikan yaitu dengan cara resoldering /solder ulang pada areal rangkaian yang mengalami ngefong /aus , setelah semua yang retak aus sudah di perbaiki selanjutnya di bersihkan dengan thinner super A yang dikuaskan ke pcb tujuannya supaya pcb lebih bersih dan cepat kering .

* Mengenai pergantian sparepart sebenarnya bukan di areal vertikal , karena elko diareal ini masih layak , namun diareal yang sering kali terjadinya kerusakan yaitu diareal elko voltase tinggi , disini ada elko 220/160 volt , 22/250 volt dan 10/100 volt , selanjutnya setelah elko sudah terpasang , TV coba untuk dihidupkan ya..OK tv sudah nyala dengan gambar dan suara cukup baik .

* Demikian sekilas info mengenai salah satu problem kerusakan yang terjadi pada tv politron dengan tidak ada gambar namun garis putih semoga bisa bermanfaat===Asiatronik===



1 komentar: