Jumat, 01 Oktober 2010

TV SAMSUNG CS - 29K3NT

* Problem kerusakan :

Gambar dan suara mati tapi indikator power led nyala merah

* Langka awal buka tutup belakang dan bersihkan , langka selanjutnya pengamatan dan pengukuran pada komponen mulai dari power suplay, fuse , kuprok , str , elko ternyata masih baik dilanjutkan ke areal horisontal mulai dari trafo sekunder diode , elko sampai ke tr,horisontal , komponen dalam keadaan baik , sekarang di areal ic vertikal disini juga tidak ditemukan problem kerusakan , sekarang dilanjutkan lagi di areal IC program, if , areal audio ,warna . ternyata juga baik .

* langka kedua tv posisi dihidupkan untuk bisa mengukur tegangan yang ada, dimulai dari power suplay dan hasil dari trafo sekunder sampai areal horisontal ternyata keadaan tegangan juga masih dibatas normal .

* Prediksi terakhir coba untuk menyolder ulang komponen di main board yang timahnya rawan akan aus dan tidak konek lagi pada PCB , terutama diareal panas ,mulai dari power suplay , horisontal ,ic vertikal ,ic program sampai modul RGB .

* Setelah semua solderan yang rawan aus atau diragukan sudah tersambung dengan baik
, maka sekarang tv coba untuk dihidupkan , ternyata benar tv langsung hidup , baik gambar maupun suara sudah normal semua .

* SPEC : TV SAMSUNG CS - 29K3NT

IC Program : T GRPEA 1015 2004.07.16(E ) 0041 V04/07/07
IC vertikal : LA 7845

IC Audio : TDA 7297

STR : X6757
TR,horisontal : J 6810 A

FLYBACK : FFA 61012 K

* Demikian sekilas info tentang pengalaman " repair tv samsung", semoga bermanfaat === Asiatronik ===

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar