Sabtu, 02 Oktober 2010

AMPLIFIER JADUL SANZUI - AU555

* Problem kerusakan :

* Suara NOISE / KEMROZOK dan mati sebelah .

* Berbagai pengalaman tentang amplifier jadul ini dengan problem noise / kemrozok ,biasanya kerusakan pada usia transistor yang sudah tua dan masa kerjanya atau istilahnya jam terbangnya sudah tidak layak lagi . sudah dimakan usia .

* Memang kalau transistor diukur dengan avometer pada posisi amplifier mati keadaan jarum avo meter menunjukkan normal seperti tidak ada problem kerusakan , tetapi pada pengukuran dalam posisi amplifier dihidupkan baru tahu bahwa pola kerja transistor menunjukan tidak normal .

* Dalam langka pengamatan transistor model CDC 8002 ,CDC9002,XA495 sudah tidak ada dipasaran dan tidak diproduksi lagi ,dengan spare part yang sudah jadul tetapi masih punya keinginan untuk bisa menormalkan lagi amplifier tersebut maka ilmu rekayasa mulai diaktifkan lagi yaitu dengan mencari transistor persamaan ,ternyata di buku persamaanpun transistor tersebut sudah tidak ada .

* Langka terakhir yaitu dengan jalan ukur saja jenis transistor PNP atau NPN kita cari dibagian mana transistor itu bekerja misal sebagai pre amp atau sebagai driver amp.setelah semua transistor sudah ada tinggal pasang kembali tetapi jangan sampai terbalik memasang basis emitornya karena posisi transistor beda dengan transistor jadul terutama untuk pemula atau newbie yang baru ingin belajar elektronik .kalau untuk yang tua gak usah di ajari sudah bisa jalan sendiri..

* jangan lupa ganti elko yang masa kerjanya sudah waktunya pensiun .transistor yang sering menyebabkan noise /kemrozok ini biasanya di areal PRE AMP / TONE KONTROL dan di areal DRIVER AMP .

* Setelah semua transistor dan elko di ganti sekarang waktunya untuk mengukur tegangan ternyata tegangan tidak ada kendala normal semua .

* Untuk memperbaiki segala jenis amplifier disarankan waktu mau mencoba menghidupkan amplifier speaker jangan langsung dipasang , hal ini untuk mencegah speaker terbakar karena posisi amplifier belum tentu tidak ada kendala kadang masih dalam keadaan rusak dan mengeluarkan tegangan di jalur speaker .

* Selanjutnya pengukuran tegangan pada jalur speaker posisi amplifier dalam keadaan hidup ,pengukuran di jalur ini avometer harus menunjukkan 0 volt .kalau belum menunjukkan angka 0 volt berarti amplifier masih ada kendala , kalau hanya menunjukkan angka 1 -3 volt coba putar trimpot di areal driver amp dan lihat tegangan diusahakan sampai menunjukkan 0 volt.

*SPEC SANZUI AU 555

TR,driver CDC 8002 diganti C1384
TR,driver CDC 9002 diganti A 684
TR,driver XA 495 A diganti fcs 1015

* Demikian ulasan tentang" AMPLFIER JADUL " semoga bermanfaat.=== Asiatronik===

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar