Minggu, 17 Oktober 2010

Tips SOLUSI BERHUTANG

* Kiat berhutang

* Kapan sebaiknya kita berhutang.

* JANGAN PERNAH BERHUTANG KECUALI : *

No. 1. Berhutang untuk hal yang harganya cenderung naik terus.

Misalnya emas logam murni harganya akan selalu naik meskipun kadang turun sedikit tapi dipastikan kenaikannya akan selalu berubah .
Misalnya rumah. Walaupun harga rumah naik turun, tapi kecenderungannya harga rumah naik terus.Rumah baru biasanya relatif lebih mahal dibanding rumah lama dikarenakan biaya material dan harga tanah kian meningkat. Rumah sebaiknya diusahakan untuk beli, walaupun wajib kita pilih yang cicilannya sesuai kemampuan. Rumah pertama adalah ‘benteng pertahanan terakhir’ rumah tangga Anda, jadi wajib punya walaupun kecil saja (T21 atau T36).

No. 2. Behutang untuk alat produksi yang sudah jelas pendapatannya.

Misalnya buat membeli perlengkapan usaha atau menambah modal usaha.Perlu diperhatikan bahwa pastikan sudah ada pendapatan yang jelas dari alat/modal tersebut. Kalau belum jelas ya berarti tidak layak berhutang karena akan bisa menghancurkan daripada usaha itu sendiri .



No. 3. Berhutang untuk barang yang sangat dibutuhkan sekarang, walaupun nilainya merosot dalam jangka panjang.

Misalnya beli atau kredit sepeda motor meskipun harga kalau dijual lagi harganya jatuh tapi fungsi sebagai alat transportasi banyak sekali untungnya contoh bila anda naik angkutan umum / mikrolet waktu anda akan banyak terbuang di jalan dan pengeluaran ongkos mikrolet kalau dihitung hitung akan melebihi dari pada anda membeli sepeda motor .

No. 4. Berhutang untuk menyelamatkan nyawa!

Dalam hal ini prioritas lebih diutamakan yaitu untuk urusan nyawa, layak bagi kita untuk berhutang. Misalkan orang yang kita cintai sakit, maka tak masalah untuk berhutang. Tentu saja selalu dipilih yang paling hemat dari pilihan yang tersedia. Jangan sampai karena takut berhutang maka pertolongan menjadi terlambat.yang akhirnya akan merugikan kita sendiri .


No. 5. Berhutang untuk menutup hutang lain yang lebih mencekik.

Kalau Anda bisa menemukan sumber hutang baru yang lebih baik, maka usahakanlah berpindah hutang. Misalnya,jangan sampai terlibat hutang pada rentenir karena bisa mencekik ,yang Bunganya bisa 10% atau lebih per bulan! Tutup dengan hutang yang baru dengan pinjaman dengan bunga yang lebih ringan .

Prinsip utama dalam berhutang adalah : tetap memegang kendali saat terjadi fluktuasi aliran kas pendapatan keluarga. ( LaReDo )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar