Minggu, 24 Oktober 2010

PRINTER yang mengalami mati suri

PRINTER HP deskjet D 1360 - peralatan cetak elektronik

Problem kerusakan :

* Mati tidak ada indikator yang menunjukkan kehidupan.

* Dalam Langka pengamatan ternyata sebagai tenaga power memakai eksternal power suplay /adaptor switching diluar .Dengan code tertera 0957-2119.

* Selanjutnya sebelum membuka printer coba untuk mengamati dan mengukur tegangan EKSTERNAL POWER SUPLAY tersebut , Steker ac power suplay dimasukkan soket steker ac , setelah itu diukur aliran tegangan yang keluar dari jek tersebut ternyata aliran tegangan tidak ada .

* Dari sini sudah dapat ditarik kesimpulan bahwa kemungkinan printer tidak rusak , yang menjadi problem kerusakan hanya pada power suplaynya.

* Dalam memperbaiki power suplay untuk membuka tutup nya saja memerlukan tenaga ekstra dan hati hati karena tutup casing power suplay tersebut di lem ,setelah tutup dapat terbuka maka langka selanjutnya mencari problem penyakit yang sedang terjadi diperangkat ini .tegangan input 100-240 volt 600mA 50/60 Hz sedangkan tegangan output +32v-563mA +15v-533mA .Maksimum output power 20 Watt.setelah semua diukur ternyata ada resistor yang terbakar sedangkan resistor ini menghubungkan kaki ke p4nk-60zfp-cc1u6 yang berupa seperti scr dan yang bekerja sebagai driver power utama ternyata mengalami short juga , selanjutnya setelah mengganti 2 spare part tersebut sekarang waktunya untuk mencoba untuk menghidupkan power suplay tersebut ya ternyata benar power suplay sudah dapat bekerja dengan tegangan yang sesuai dengan tabel diatas tersebut .

* Setelah perbaikan sudah selesai sekarang tinggal waktunya untuk mencoba power suplay tersebut dengan mencolokkan jek dc ke printer , Langsung saja printer sudah dapat bekerja dengan baik dan normal.

* Demikian sekilas info mengenai salah satu problem kerusakan dan perbaikkan power suplay printer HP tersebut semoga artikel ini lebih bermanfaat ===Asiatronik===

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar