Minggu, 18 April 2010

Cara Irit BBM

Tips Irit BBM

PDFPrintE-mail

Tips Agar Irit Saat Berkendara Dengan Mobil

Menghemat bahan bakar dimana saat harga bahan bakar tidak murah memang sangat penting, mengingat kita harus juga memikirkan pengeluaran untuk kebutuhan yang lain selain belanja bahan bakar untuk mobil kita, salah satu yang dapat dilakukan untuk menghemat bahan bakar adalah saat kita berkendaraan, berikut adalah tips berkendaraan agar irit bahan bakar pada mobil anda.

injek gas

  1. Tidak menginjak pedal gas secara tiba-tiba, kita harus menginjak pedal gas secara perlahan dan bertahap, apabila kita menginjaknya dengan tiba-tiba atau mendadak maka bahan bakar yang dihisap keruang pembakaran menjadi banyak, sementara putaran RPM mesin masih rendah, ini dapat berakibat bahan bakar tidak semuanya terbakar sempurna.



  1. ganti gigi_LTTMenggunakan Gigi perseneling sesuai dengan putaran RPM mesin, ini sangat penting juga mengapa? Karena pabrikan sudah mendesign torsi maksimum dan minimumnya pada perseneling giginya (lihat pada buku manual mobil anda), usahakan menggunakan gigi rendah apabila sedang dalam keadaan awalan, jangan memaksakan gigi yang tinggi pada titik awalan, karena akan memperboros bahan bakar karena bahan bakar yang dibutuhkan banyak.

91814_uji-emisi-gratis-di-pertamina
  1. Periksakan gas buang kendaraan anda, sebab keausan pada parts-parts pada mesin anda akan mengakibatkan pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna, untuk lebih yakinnya lagi periksakan emisi gas buang mobil anda kebengkel yang menawarkan pemeriksaan emisi, nah disana anda dapat memeriksa kandungan HC (Hidro Carbon) dan CO (Carbon Monoksida) pada gas buang mobil anda, apabila kadar kandungannya terlalu tinggi atau diambang batas normal, kemungkinan besar kendaraan anda mengalami pembakaran yang kurang sempurna, sehingga terdapat bahan bakar yang terbakar sia-sia, segera konsulatasikan pada bengkel anda, parts bagian mana yang harus diservis atau diganti.
  1. mobilkepenuhan
    Cek beban bawaan kendaraan anda
    , hubungannya adalah semakin berat beban bawaan yang diangkut akan mengakibatkan konsumsi bahan bakar semakin banyak, usahakan sesuaikan beban angkut dengan rekomendasi pabrik mobil anda, jangan mengakut beban yang berlebih sesuai dengan petunjuk pabrik mobil anda (lihat buku manual mobil anda) karena selain bahan bakar jadi boros, juga tidak aman. B2

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar