Senin, 15 Februari 2010

Pilih Turbo atau Nos

Turbo VS NOS

PDFPrintE-mail

Perihal tentang spesifikasi Turbo atawa NOS

Bagi para penyuka RPM tinggi, Turbo dan NOS ibarat sayur dan garam, semuanya bisa dipilih lantaran dapat secara instant menyuplai tenaga besar untuk mendongkrak performa.

turbochargerInfo Automotive-Namun jangan salah pilih spesifikasi Turbo atawa NOS yang ingin dipilih, salah-salah mesin bisa over heat terus meleduk. “Sesuaikan dengan kemampuan mesin. Dan pilih sesuai dengan kebutuhan” ujar Rudy Juragan RS Tuning yang biasa men-tuning mobil-mobil street machine.

Pada prinsipnya, terdapat dua pilihan Turbo di pasaran, yaitu Turbo Kit dan Turbo Bolt On / Custom. Turbo kit mempunyai kelebihan dari sisi kemudahan instalasi, serta dari sisi keindahan, lantaran tipe kit sudah disesuaikan sistem piping-nya dengan karakter dan lekuk kompartemen mobil. “Bisa dilihat dari sisi finishing sambungan las-nya” tambah Rudy. Namun, biasanya angka yang ditawarkan dirasa kurang dramatis. “Buat kit, standar ideal untuk setingan harian adalah 0,5-0,6 bar dengan penambahan tenaga 40-60%. Namun jika ingin lebih harus melakukan modifikasi alias customized” terang Rudy lagi. Di after market banyak sekali turbo kit yang dipasarkan seperti Greedy atau HKS.

turbo_four_bangerNah, buat yang ingin lebih berani, Turbo bolt on bisa dijadikan pilihan. Peranti yang dipilih juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kocek yang ada. Setiap mekanik mempunyai bumbu serat komposisi yang berbeda dalam menghadapi setingan turbo custom. “Salah satu hal yang paling menentukan adalah A-R Ratio-nya harus sesuai dengan karakter mesin dan kebutuhan. Untuk teknisnya, itu rahasia dapur bos!!” kata Rudy lagi dengan nada bercanda.

Tenaga yang ditawarkan untuk sistem bolt on ini jelas diatas 60% dari tenaga standar bawaan pabrikan. Untuk perantinya sendiri tergantung kocek serta keinginan kita. Dimulai dari besar rumah keong hingga tingkat efisiensi dari intercooler. “Jika budget yang disediakan cekak, pilihan bolt on merupakan hal yang tepat lantaran spesifikasi bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Selanjutnya, jika ingin optimal pada semua tarikan, pilih turbo kit dengan merubah ukuran rumah keong yang lebih besar” jelas Rudy workshop yang mangkal di bilangan Veteran-Tanah Kusir Jaksel ini.

Nitrous System

large05169NOSSistem instant lainnya adalah NOS. Terbagi atas dua sistem yaitu dry dan wet systems. Disebut Sistem Dry lantaran pada nosel tidak terdapat campuran bensin sedangkan pada wet system, pada nosel terdapat campuran bensin untuk proses boosting. Efeknya jelas lebih “maut” sistem wet. Namun tentu sistem ini lebih mahal. Pada mobil rakitan Jepang, pada umumnya tenaga yang ditawarkan akan menambah hingga 60Hp. Sedangkan untuk beberapa mobil Eropa, angka 80 HP bisa diraih.

nos2Baik Turbo dan NOS bisa diadopsi dalam sebuah mesin. Pada prinsipnya kedua peranti ini akan optimal jika sang mekanik mampu menggabunngkannya menjadi sebuah senjata rahasia. Selanjutnya adalah tinggal pemilihan karakter mesin.

Mesin dengan sistem injeksi akam mempunyai karakter tenaga yang merata pada semua lini. Sedangkan untuk karburator hanya salah satu lini saja yang akan mampu bekerja optimal. “Injeksi mempunyai kontrol elektris yang lebih bisa dikontrol value-nya secara komputerisasi. Sedangkan karburator menggunakan sistem mekanikal yang mempunyai beberapa kendala” tutup Rudy. V70T5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar