Minggu, 14 Februari 2010

Di Tariknya Indomie Di Taiwan

Methyl P-Hydroxybenzoate, "Kambing Hitam" Di Tariknya Indomie Di Taiwan Dan Hongkong

Methyl P-Hydroxybenzoate, Pengawet Pada Indomie - Banyak yang menganggap bahwa "perseteruan" antara produk mie buatan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk disebabkan adanya "Perang Dagang" antara produsen mie lokal tersebut dengan mie Taiwan dengan produk mereka yang bernama "President Mie".

Nah, benarkah berita tersebut?? Silakan Sobat simak beberapa fakta yang ada dibalik "Perseteruan" Indomie dengan President Mie :


Apa yang dimaksud dengan Pengawet Methyl P-Hydroxybenzoate ?

Methyl P-Hydroxybenzoate (Methylparaben atau Nipagin atau Pengawet E218) adalah Nama Kimia untuk Bahan Tambahan Pangan yang direkomendasikan oleh Badan Pengawasan Obat Makanan RI di dalam Codex Alimentarius Commission (CAC) serta diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan No. 722/Menkes/Per/IX/88 sebagai Bahan Tambahan Makanan yang diperbolehkan untuk mengawetkan. Bahan Tambahan Makanan ini legal beredar diseluruh dunia, dan telah menjadi konsensus bersama.

Selain sebagai Pengawet pada makanan, pada produk apa saja Methyl P-Hydroxybenzoate ini digunakan?

Bahan ini memang diperbolehkan untuk digunakan pada produk kosmetik, produk farmasi atau obat serta produk makanan.

1. Penggunaan untuk kosmetik
Selama lebih dari 80 tahun, metil telah digunakan sebagai pengawet dalam industri kosmetik yang sering ditemukan pada pelembab wajah, produk anti-penuaan, pewarna rambut, produk pemutihan kulit, gel cukur, pembersih wajah, spray, shampo dan conditioner, maskara, eye shadow dan alas bedak.

2. Penggunaan untuk farmasi
Dalam industri farmasi, metil telah digunakan untuk melindungi obat sejak 1924. Metil digunakan untuk anti-bakteri seperti pada antibiotik topikal, kortikosteroid dan obat tetes mata. Beberapa antibiotik seperti penggunaan methylparaben pada penisilin mencegah kontaminasi mikroorganisme.

3. Penggunaan untuk makanan
Karena sifatnya yang anti jamur, metil digunakan sebagai penghambat ragi dalam produk makanan. FDA mengatakan produk ini aman digunakan dalam jumlah kecil. Pada makanan metil ditemukan pada berbagai produk susu beku, minyak dan lemak, selai, sirup dan bumbu-bumbu.

Berapa standar Kadar Methyl P-Hydroxybenzoate sebagai pengawet dalam suatu makanan?

Menurut BPOM RI, Methyl P-Hydroxybenzoate disyaratkan 250-1000 mg/kg
Menurut FDA, Amerika Serikat, disyaratkan 1000 mg/kg
Menurut BPOM milik Singapura & Brunei Darusalam, disyaratkan 250 mg/kg
Menurut BPOM milik Hongkong, disyaratkan 550 mg/kg

Berapa Kadar Methyl P-Hydroxybenzoate pada Indomie?

Menurut Depkes Taiwan, Indomie mengandung Methyl P-Hydroxybenzoate 190-230 mg/kg. Nilai ini masih dibawah ambang batas yang disyaratkan Internasional yakni 250 mg/kg.

Nah, apakah keempat fakta dan data tentang persyaratan Methyl P-Hydroxybenzoate yang diperbolehkan oleh Dunia Internasional ini, Penyebab Dilarangnya Indomie di Taiwan??

Atau, walaupun nilai ambang pengawet Methyl P-Hydroxybenzoate masih dibawah ambang yang disyaratkan, "..Mulai Sekarang Jagalah Kesehatan Anda Dengan Mencegah Tubuh Anda, Dari Masukknya Bahan-Bahan Kimia Dan Berbahaya???.."

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar