Sabtu, 02 Januari 2010

Tips Simbiosis Mutualisme


Tips Saling Membutuhkan atau Simbiosis Mutualisme

Posted by Asiatronik

Masih ingatkah anda dengan salah satu yang ada dalam pelajaran biologi, tentang Simbiosis Mutualisme. Simbiosis Mutualisme adalah hubungan yang saling menguntungkan diantara kedua belah pihak. Contoh simbiosis mutualisme yang ada dalam ekosistem adalah :

a. Ikan Ramora dan Ikan Hiu;

b. Burung Jalak dan Kerbau;

c. Kupu-kupu dan Bunga.

Mari kita beralih dari pelajaran biologi ke dunia blog. Setiap hari jumlah blog baru semakin bertambah, terdapat jutaan blog yang ada di dunia maya. Tentunya hal ini membuat persaingan sesama blogger semakin tinggi. Para blogger mempunyai satu keinginan yaitu agar blog mereka, bisa selalu nongol di 10 besar mesin pencari sehingga blog mereka selalu ramai pengunjung.

Yang menjadi pertanyaan, apa korelasi antara simbiosis mutualisme dan dunia blog (terkait dengan ilmu SEO)?

Ternyata untuk menerapkan SEO secara maksimal, kita tidak bisa melakukannya secara individu tanpa bantuan blogger lainnya. Seperti pada tulisan saya sebelumnya tentang SEO, terdapat beberapa teknik SEO yang membutuhkan bantuan blogger lainnya. Ingin membaca lebih detail silahkan klik disini.

Sedikit berbagi pengalaman tentang perihal yang merupakan simbiosis mutualisme dalam dunia blog terkait dengan teknik SEO:

1. Tukar Link atau bahasa kerennya Link Exchange. Dengan saling bertukar link, kita mendapatkan backlink dan anchor text yang menuju ke blog kita.

2. Blogwalking dan berkomentar (jangan spamming). Dengan berkunjung dan berkomentar ke blog lain, tentunya blog kita akan mendapat kunjungan dan komentar balasan dari si pemilik blog. Secara tidak langsung kita membuat promosi ke dalam blog orang lain.

Nah, tertarik agar blog selalu nongol di 10 besar mesin pencari dan otomatis menjadikan blog kita ramai dikunjungi oleh blogger lain. Mari kita lakukan tukar link dan saling memberikan komentar ( tentunya yang berkualitas ).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar