Rabu, 27 Januari 2010

Nyeri Tulang Belakang

Hati-hati dompet anda ! Bikin nyeri tulang belakang by:Asiatronik

dompet1.jpgIni bukan soal kecopetan, tetapi soal kesehatan gara-gara dompet nangkring di saku blakang celana. Terutama buat pria yang suka mengantongi dompet setebal tigasenti !

dompet2.jpgKetika duduk, dompet yang tebal itu akan menekan bagian bawah tulang pinggul dan juga termasuk syaraf-syaraf yang ada disekitarnya. Kebanyakan laki-laki kan merasakan sakit Ugh ! unbearable pain.

Sebuah survey statistik menunjukkan bahwa semakin meningkatnya keluhan para pria yang memeiliki kebiasaan mengantongi dompet tebal. Bayangkan kalau tekanan dompet ke tulang dan syaraf ini berlangsung setiap hari selama 6 jam !

dompet3.jpgBeberapa ahli medis meyakini adanya hubungan antara perilaku mengantongi dompet di saku belakang ini.

Tekanan syaraf ini terjadi berulang-ulang selama bertahun-tahun dan baru akan dirasakan ketika usia menangah.

Syaraf yang biasanya terpengaruh atau terganggu adalah syaraf sciatic (Sciatic nerve). Kondisi ini sering dikenali dengan istilah “Sciatic neuropathy“.

dompet5.jpgSciatica yg terganggu disebut piriformis syndrome, Karena pengaruhdari otot piriformis, yaitu otot pendek, tebal, seperti buah pear (jambu) dari sacrum, bagian bawah dari tulang pinggul (pelvic), kebagian pangkal paha, atau panggul.
Kita menggunakan otot ini ketika memutar betis kearah luar-dalam. Pada kebanyakan orang syaraf sciatic ini berada disekitar otot ini.

Pencegahan

dompet6.jpgJangan mengantongi dompet yang tebelnya 3 centi itu di saku celana bagian belakang. Perlu berhati-hati juga kalau dompet tebal ini dimasukkan saku depan juga kemungkinan menekan kelenjar yang berada disekitar selangkangan.
Jadi jangan bawa semua isinya, atau bawalah dengan tas.

Perawatan bila sudah terkena gangguan

Mintalah nasehat dokter ahli (physiotherapist atau chiropractor), jangan tunggu hingga gangguan lebih memburuk.

Senam seperti dibawah ini :

dompet7.jpg

dompet8.jpg

dompet9.jpg

dompet10.jpg

dompet11.jpg

dompet12.jpg

dompet13.jpg

dompet14.jpg

dompet15.jpg

dompet16.jpg

dompet17.jpg

Sumber: http://tempe.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar