Jumat, 22 Januari 2010

Back Pain/Sakit punggung


Back Pain

Back Pain/Sakit punggung

Posted by :Asiatronik Health

Definisi

Sakit punggung merupakan keluhan yang umum pada orang-orang. Banyak orang paling tidak sekali seumur hidup mengalami sakit punggung. Sakit punggung adalah satu dari alasan yang paling umum orang-orang pergi ke dokter atau tidak masuk bekerja.

Sisi cerahnya, anda dapat mengambil tindakan untuk mencegah atau mengurangi banyak sakit punggung. Jika pencegahan gagal, perawatan sederhana dirumah akan sering menyembuhkan punggung anda dalam beberapa minggu dan menjaganya tetap berfungsi untuk waktu yang lama. Operasi jarang dibutuhkan untuk menyembuhkan sakit punggung.

Gejala

Tanda dan gejala sakit punggung antara lain:
• Nyeri otot
• Sakit yang menusuk
• Sakit yang menyebar ke daerah kaki
• Fleksibilitas atau gerakan yang terbatas pada punggung anda
• Tidak mampu untuk berdiri tegak

Sakit punggung yang hilang dari beberapa hari sampai beberapa minggu dapat menjadi sakit punggung yang akut. Sakit punggung yang hilang dalam tiga bulan atau lebih lama merupakan sakit punggung kronis.

Penyebab & Faktor Risiko

Penyebab

Punggung merupakan struktur rumit yang terdiri dari tulang, otot, ligament, tendon dan piringan sendi. Piringan sendi adalah tulang rawan yang seperti bantal yang berfungsi sebagai bantalan diantara bagian tulang belakang. Nyeri punggung dapat terjadi karena masalah pada komponen apapun di bagian ini. Pada beberapa orang, dapat ditemukan sakit punggung tanpa penyebab yang spesifik.

- Ketegangan
Sakit punggung paling sering disebabkan:
• Ketegangan otot dan ligamen
• Mengangkat barang berat atau posisi punggung yang salah
• Setelah gerakan aneh yang tiba-tiba
Terkadang kekejangan otot dapat menyebabkan atau terkait dengan sakit punggung.

- Masalah struktur
Pada beberapa kasus, sakit punggung mungkin disebabkan oleh masalah struktur, seperti:
• Piringan sendi yang menonjol atau pecah. Piringan sendi seperti bantal di antara tulang pada tulang punggung. Terkadang, material lembut di dalam piringan sendi dapat menonjol keluar atau pecah dan menekan syaraf. Tapi bahkan pada beberapa orang yang memiliki piringan sendi yang menonjol atau pecah, tidak mengalami rasa sakit dari kondisi ini.

• Nyeri panggul. Jika pecahnya maupun menonjol keluar piringan sendi menekan syaraf utama yang menghantarkan menuju kaki, hal ini dapat menyebabkan nyeri panggul – rasa sakit yang tajam pada bokong dan belakang kaki.

• Radang sendi. Sendi yang paling umum terkena radang sendi adalah pinggul, tangan, lutut dan punggung bagian bawah. Pada beberapa kasus radang sendi di tulang belakang dapat menyebabkan penyempitan ruang syaraf tuleng belakang, kondisi ini disebut spinal stenosis.

• Penyimpangan posisi tulang. Sakit punggung dapat terjadi jika lengkungan tulang belakang menjadi tidak normal. Jika lengkungan alami tulang punggung anda menjadi berlebihan, punggung bagian belakang akan terlihat lebih membulat atau punggung bagian bawah menjadi lebih melengkung ke dalam. Scoliosis, kondisi dimana lengkungan tulang punggung mengarah ke samping, juga dapat menyebabkan sakit punggung.

• Osteoporosis. Tekanan yang terjadi karena patahan tulang punggung dapat memicu sakit punggung jika tulang anda keropos atau rapuh.

-Kondisi langka tapi serius
Pada kasus yang langkah, sakit punggung mungkin terkait pada:
• Cauda equina syndrome. Ini adalah masalah neurologis serius yang berdampak pada rangkaian urat syaraf yang menghantarkan ke punggung bagian bawah dan kali. Ini dapat menyebabkan kelelahan di kaki, gemetar pada “pelana” kaki atau area pangkal paha, dan hilang kontrol terhadapa kandung kemih.
• Kanker pada tulang punggung. Tumor pada tulang punggung dapat menekan syaraf, menyebabkan sakit punggung
• Infeksi tulang punggung. Jika demam dan sakit, area hangat yang disertai tulang punggung, mungkin disebabkan oleh infeksi.


Faktor risiko

Beberapa faktor yang mungkin meningkatkan peluang mengalami sakit pada punggung antara lain:
• Merokok
• Obesitas
• Berusia tua
• Wanita
• Kerja fisik yang berat
• Kerja dalam posisi yang tidak berpindah tempat
• Gelisah
• Depresi


Pencegahan

Anda dapat mencegah masalah punggung dengan mengikuti tindakan yang umum diambil:

• Berolahraga aerobik secara teratur (seperti berjalan atau berenang). Olahraga meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas punggung dan otot tulang pungggung, yang membantu mendukung dan meluruskan punggung anda, dan mengurangi frekuensi dan keparahan cedera punggung. Kelenturan pinggul dan kaki bagian atas akan mendorong kesejajaran tulang panggul. Pilih tingkat kesulitan olahraga yang sesuai untuk anda untuk tingkat kemampuan anda, dan lakukan peregangan ringan pada pemanasan sebelum dan setelah berolahraga. Jika anda memiliki masalah punggung, konsultasikan ke dokter anda atau ahli psikoterapi sebelum memulai cara berolahraga yang baru.

• Gunakan posisi mekanis tubuh yang tepat.
• Berdiri. Jaga posisi panggul yang netral, dan hindari memutar punggung. Hindari posisi membungkuk dan menekan leher anda ketika stress. Gunakan perlengkapan yang nyaman, sepatu hak rendah.
• Duduk. Gunakan kursi dengan sandaran punggung yang baik. Jaga posisi pinggul dan lutut anda.
• Mengangkat. Rapatkan beban pada tubuh, jaga punggung anda lurus dan kelenturan lutut anda. Biarkan kaki anda mendapat semua ketegangan. Hindari mengangkat dan memutar secara cepat.
• Hilangkan berat badan yang berlebihan. Jika anda memiliki berat badan lebih dari 10 persen, hilangkan kelebihan berat tersebut dengan diet dan olahraga aerobik, sesuai saran dokter anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar