Jumat, 06 Mei 2011

Air Cleaner Cooler


Problem kerusakkan : Semua kontrol touch swith pada panel dalam keadaan normal , masalahnya pada angin yang dihasilkan yang tidak bisa bekerja semestinya .

Langka pengamatan : Perangkat air cleaner cooler ini fungsinya sebagai pembersih udara didalam ruangan disamping itu juga sebagai fan pendingin ruangan , komponen yang ada didalam kotak tersebut antara lain :
1 modul prosessor yang mengontrol semua alat tersebut ,
1 dinamo kipas angin ,
1 dinamo pengarah angin ,
1 dinamo yang berfungsi menaikkan air dingin ,
1 modul alat yang mematikan bakteri atau virus .

Langka perbaikkan : Masalah utama ada pada dinamo utama yang tidak bekerja dengan normal , Setelah meneliti dibagian dinamo tersebut ternyata spoel dalam keadaan terbakar , langka selanjutnya menyepul dinamo yang terbakar kemudian setelah dinamo sudah normal sekarang waktunya untuk mengecek bagian modul proses kontrol , dari sini terlihat ada 3 resistor dengan nilai 470 ohm dalam keadaan terbakar , dalam pengukuran selanjutnya pada 3 buah BT 12 di pcb ini ternyata juga dalam keadaan koslet , 3 komponen tersebut yang menggerakkan atau yang mengontrol kerjanya dinamo tersebut . Setelah semua komponen diganti dengan yang baru maka kerja dari air cleaner cooler tersebut sudah normal kembali .


1 komentar:

  1. Malem gan,saya punya air cooler.klo dicolokin bunyi beep,tekan tombol on off bisa,tp tombol lain(speed,wind type,anion,cool,timer) klo d tekan lsg mati. Saya coba ganti kapasitor kyk agan di atas,alhamd tombol cool,swing,anion bisa (ngga mati kipasnya).tp tombol speed,timer,wind type nya skrg yg error. Klo d tekan speed yg nyala malah wind,klo d tekan wind,malah timer yg nyala. Kenapa ya gan?mohon solusinya

    BalasHapus