Selasa, 07 Desember 2010

TV START 17 inci


TV CHINA merek START 17 inc
by:Asiatronik

Problem kerusakan :
Gambar dan suara ada tetapi :

1. remote tidak bisa dipakai .
2. keadaan gambar cacat .

* Dalam langka awal buka tutup belakang dan bersihkan , selanjutnya pengamatan terutama di areal power suplay dari sini terlihat beberapa elko mengalami uzur /aus , melembung bagian atapnya nilai elko tersebut 470/35v , 1000/35v , 220/160v , 22/250v.

* Dalam langka kedua pengamatan pada remote kontrol tv tersebut , setelah remote kontrol di tes sama alat remote ternyata remote dalam kondisi baik . selanjutnya pengamatan di tv pada areal recever inframerah , dalam langka pengukuran tegangan pada 3 kaki recever inframerah ternyata disini tidak ada tegangan sama sekali ,

* Dalam langka terakhir setelah mengganti elko dengan yang baru , sekarang mengurut jalur aliran tegangan yang menyuplay pada recever inframerah tersebut , dan akhirnya ditemukan jalur di mainboard pcb ada yang putus , putusnya jalur tersebut disebabkan karena ada bekas air yang sudah mengering , sebelum air mengering mungkin ada jamur yang memakan jalur tersebut sehingga putus .

* Jalur pcb yang putus di sambung kembali , pengukuran tegangan pada recever inframerah sudah ada , disini terdapat tegangan 5 volt , yang berarti recever inframerah sudah tersuplay , sekarang waktunya untuk mencoba tv untuk dihidupkan .Indikator led nyala gambar sudah tidak cacat lagi sedangkan suara tidak ada kendala , selanjutnya mencoba remote kontrolnya ya..ya..ternyata tv sudah bisa bekerja menerima signal dari remote .

* Demikian sekilas info mengenai salah satu problem kerusakan pada tv cina merek start semoga dapat menambah wawasan Anda dan tentunya bisa bermanfaat ===Asiatronik===

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar