Sabtu, 18 Desember 2010

Subwoofer SQ dan SPL


Subwoofer Grandeur G12SX

PDFPrintE-mail

Subwoofer SQ & SPL

Tidak mudah mencari subwoofer berkualitas yang mampu pada ajang SQ namun juga bisa diajak geber-geberan ala SPL. Nah, untuk yang penasaran, Grandeur G12SX ini bisa dijadikan alternative.

Info Automotive-Menguji sebuah subwoofer line up atas macam Grandeur ini? Hmm, pekerjaan yang cukup menarik pastinya. Bagaimana tidak, subwoofer ini adalah termasuk dalam kasta tinggi dalam jajaran tinggi dari jajaran subwoofer racikan Grandeur. Secara fisik, G12SX memang lumayan berbeda dengan para kompetitornya. G12SX ini tampil lebih modis dan fashionable. Struktur framenya menggunakan bahan die cast pilihan dengan rigiditas yang sangat baik. Beratnya saja diatas 10Kg!. mantap khan…

G12SX memang dirancang melalui riset yang matang. Ini dibuktikan dengan saratnya G12SX Power Series ini dengan teknologi terkini seperti spider design, high preassure cone, voice coil thermal dan lain-lain.

Uji Parameter

Melihat hasik uji dari T/S parameter, IA berkesimpulan bahwa G12SX adalah sebuah subwoofer yang sangat baik. Ini terlihat dari nilai Qts yang cukup baik yaitu 0,5863, juga nilai Vas yang tidak terlalu besar yaitu 21 liter plus FS yang cukup rendah yaitu pada kisaran angka 41Hz.

Metoda yang digunakan untuk menguji Vas adalah mempergunakan Delta Mass. Nilai Vas yang kecil dikarenakan massa konus yang berat dengan susupensi yang keras dan berat. Hal ini akan sangat membantu dalam perancangan box yang diinginkan. Hal ini bisa kita prediksikan dilihat dari nilai Qts dan Vas yang kecil, maka asumsi dari T/S parameter akan kecil juga.

Dilihat secara kasat mata, G12SX bisa disimpulkan sebagai sebuah subwoofer yang dirancang untuk aliran SPL. Namun bukan berarti untuk SQ tidak mumpuni. Ini terlihat dari nilai FS yang mencapai angka 41Hz, maka subwoofer ini juga cukup bisa mereproduksi “hawa” SQ yang diinginkan. Angka 41 Hz ini bukan angka mati.Dengan beberapa analisis lain, secara pendekatan mekanikal akustik pada box, kita masih bisa merancang low respons yang lebih rendah

Simulasi Box

Group Delay Pada rubrik IA Stripped kali ini, IA juga ingin mencoba mensimulasikan tipe box apa yang cocok untuk G12SX. Ini dimaksudkan agar kita dapat mempunyai gambaran yang pas dan optimal tentang ukuran box yang diinginkan serta tipenya lengkap dengan parameter pendukung dan ukuran metrikasinya.

Dengan menggunakan data T/S Parameter yang ada, kita simulasikan karakter box-nya. Pertama-tama harus kita perhatikan adalah EBP (equal bandwith product) FS/QS yang artinya 41,4746/0,6343 = 65,38. Bisa disimpulkan bahwa subwoofer ini akan lebih optimal menggunakan sistem vented / ported. Asumsi ini berdasarkan jika angka EBP berada pada kisaran angka 50 maka subwoofer tersebut akan lebih cocok untuk sistem close box, dan jika berada pad akisaran angka 100 maka tipikal vented dirasa lebih optimal. Namun ini juga bukan merupakan harga mati mengingat perancangan box juga tergantung expetasi kita terhadap subwoofer ini.


Impendance Dalam Untuk G12SX sendiri, EBP yang didapat adalah 65,38 maka kita akan mencoba mensimulasikan jenis vented. Pada grafik respon terlihat sangat baik sekali. Dari simulasi box sebesar 32 liter (analisis dari T/S parameter). Namun yang harus diperhatikan adalah design box itu sendiri mengingat ukuran frame dari G12SX yag sangat besar, maka kita harus juga memperhatikan volume magnet displacement. Selanjutnya bagi para penyuka bass dengan tipikal kencang, box vented dirasa dapat

Bass Reflex

menjadi pilihan yang tepat. Responnya sendiri ternyata terdapat peak impedansi pada ang

ka 41Hz. Bentuk slot juga bisa dirubah atau dimodifikasi menjadi port kotak (slot port).

Pada sesi uji dengar, secara umum IA simpulkan bahwa G12SX mampu diajak dalam dua alam yang berbeda, yaitu SQ dan SPL. Untuk bass dengan karakter SQ, G12SX mampu “berhawa” rendah yang baik dan penuh. Bass dengan tipikal lembut juga bisa direproduksi dengan baik. Sedangkan jika secara real time kita menginginkan bass yang kencang dengan impact “punch” yang mutakhir, maka G12SX dengan lantang mampu meladeni permintaan “mudah” seperti itu. Speed bagus dengan impact yang “enak” dan secara umum tidak ditemukan masalah sama sekali.By:Asiatronik

Impendance Single Impendance Double TS Double VoiceTS Parameter

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar