Minggu, 19 Desember 2010

Piggyback


Posted by:Asiatronik
in Automotive Electronic Control Unit

Bisa Diadaptasi Sesuai Kebutuhan

Fungsi perangkat canggih yang satu ini mempunyai daftar yang lumayan panjang. Dari sekedar meningkatkan efisiensi bahan bakar hingga penggunaan untuk kompetisi.

Asiatronik Automotive -Menghadapi mobil yang sudah dilengkapi dengan sistem ECU (Electronic Control Unit-RED) memang tidak segampang ketika kita menghadapi mesin karburator. Mobil yang sudah dilengkapi dengan sistem injection pastinya sudah dibekali sistem komputer yang difungsikan untuk mengatur pasokan jumlah bensin, kapasitas udara yang dibutuhkan untuk pembakaran dan lain-lain. Bahkan untuk beberapa mobil canggih rakitan anyar, ECU juga mampu mengatur pola perjalanan melalui ratio gear box yang optimal untuk pemakaian sehari-hari atau kompetisi sekalipun.

Jika pada sistem karburator kita bisa serta-merta mengganti ukuran spuyer serta beberapa nosel lain untuk mengatur besar kecilnya pasokan udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar, maka tidak dengan mesin injection. Semua yang berhubungan dengan kapasitas angka diatur melalui engine management dengan data akurat yang sudah diproses oleh pabrikan masing-masing. Sulit untuk kita dapat mengakses data-data tersebut jika tidak melalui bantuan alat pintar.

Nah, Piggyback merupakan sebuah micro computer yang mampu mengakses data-data ECU tadi. Piggyback mampu mampu secara instant mengubah nilai-nilai yang dibutuhkan untuk dapat mengoptimalkan kinerja serta performance mesin. Cara kerja piggyback secara umum adalah “memanipulasi” data-data yang masuk ke ECU yang selanjutnya akan diproses menuju injector, gear box dan lain-lain. Piggyback mampu mengubah waktu dan campuran udara dan bahan bakar pada proses pembakaran menjadi jauh lebih optimal dibanding versi pabrikan.

Di pasaran, banyak sekali piggyback yang dijual dengan rentang harga 2 juta hingga 5 jutaan. Fungsi dan kemampuannya juga sangat beragam, tergantung budget serta kebutuhannya” demikian terang Rudy, pentolan workshop RS Tuning di bilangan Veteran Jakarta selatan. Secara umum, biasanya piggyback dapat mengakkses data-data umum seperti campuran udara dan pasokan bahan bakar. Namun, kini juga ada piggyback yang mempunyai kemampuan lengkap hingga dapat mengakses ratio gear box matic yang kini memang sudah diatur oleh ECU. GReedy, HKS, A’PEX-i, Unichip adalah beberapa pabrikan piggyback yang ada di after market saat ini. Jelas kemampuannya dan harganya sangat beragam lantaran masing-masing pabrikan mempunyai spesifikasi sendiri-sendiri. Piggyback juga dipercaya sebagai mode modifikasi mesin paling praktis dan efektif. Ini lantaran semuanya terukur secara otomatis dan komputerisasi. Paling tidak kita bisa membuktikan secara dyno test sebelum dan sesudah mobil dipasang piggyback.

Dengan menggunakan piggyback, secara otomatis tingkat efisiensi akan meningkat tajam sampai 20% bahkan lebih. Selain campuran bensin akan bisa menjadi lebih optimal, tarikan dan akselerasi juga meningkat. Mesin dengan sistem injeksi akan mempunyai karakter tenaga yang lebih merata pada semua lini. Ini lantaran injeksi mempunyai kontrol elektris yang lebih bisa dikontrol value-nya secara komputerisasi. (data ini bisa diubah melalui piggyback).
Posted
by:Asiatronik
in Automotive Electronic Control Unit !

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar