Rabu, 17 November 2010

Cara Merawat Baterai Ponsel


15 Cara Merawat Baterai Ponsel
by:Asiatronik
Peralatan elektronik komunikasi - pada baterai ponsel

Sumber energi yang utama dan terpenting pada ponsel adalah energi yang tersimpan di dalam baterai, sedangkan umur dari baterai itu sendiri, yang menentukan adalah seberapa pintar Anda bisa merawatnya.

-Bagaimana, cara merawat baterai ponsel agar umurnya lebih panjang ?.

* yaitu dengan 15 cara berikut ini :

1. Segera cabut charger dari ponsel jika baterai ponsel sudah penuh.

2. Charger/cas baterai sampai penuh dan segera isi ulang baterai Anda jika memang sudah habis.

3. Kalau ingin baterai tahan lama, jangan sering-sering bermain game lewat ponsel, mendengarkan mp3, melakukan panggilan video (video call), mengedit foto ataupun browsing. Semua aktivitas tersebut hanya akan mempercepat baterai Anda habis.

4. Matikan ponsel.
Sebaiknya matikan ponsel jika Anda berada di sebuah tempat yang kemungkinan untuk mendapatkan sinyalnya sulit. Kalau ponsel terus diaktifkan, sementara ponsel terus menerus mencari sinyal, hal ini akan membuat energi baterai Anda terkuras.

5. Pakai repeater.
Saat berada di tempat yang sangat terpencil, gunakan repeater ponsel untuk memperkuat penangkapan sinyal.

6. Matikan fitur suara yang tidak penting, jangan biarkan aktif sepanjang hari.

7. Jangan aktifkan ringtone dan fitur getar sekaligus karena cukup menguras energi baterai, aktifkan salah satunya saja. Saat berada di bioskop ada baiknya aktifkan fitur getarnya saja, namun saat berada di tempat publik seperti mall, stasiun dan bandara, mengaktifkan ringtone bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

8. Kurangi brightness layar ponsel Anda hingga 50 persen agar energi baterai yang terpakai lebih hemat.

9. Matikan Bluetooth jika tak digunakan. Untuk diketahui saja, Bluetooth yang aktif akan menguras energi baterai ponsel lebih cepat.

10. Sama halnya seperti Bluetooth, matikan juga fitur infrared jika tak digunakan.

11. Matikan aplikasi-aplikasi lain yang tidak digunakan misal gprs,wifi, .

12. Letakkan ponsel di tempat yang temperaturnya normal sehingga tidak terjadi kerusakan akibat suhu yang terlalu tinggi atau rendah. Misalnya, jangan letakkan ponsel di dalam mobil yang terjemur matahari, di atas laptop atau konsol game yang suhunya panas.

13. Atur settingan backlight, jangan biarkan durasi nyalanya terlalu lama, cukup 5 sampai 15 detik saja.

14. jika posisi Anda berada di areal yang jauh dan hanya ada sinyal cuma kecil lebih baik dipasang antena ponsel supaya penangkapan sinyal lebih besar,masalahnya jika sinyal kecil dan hilang maka energi yang digunakan akan besar .

15. ponsel yang ada fitur tv akan lebih boros lagi kalau sering dinyalahkan.

Demikian sekilas info mengenai Bagaimana, cara merawat baterai ponsel agar umurnya lebih panjang semoga bermanfaat ===Asiatronik===

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar