Selasa, 26 Oktober 2010

Kamus istilah dan fungsinya pada perangkat HP


by:Asiatronik

* GPS-Singkatan dari Global Positioning System :

yaitu sistem penentuan lokasi berdasarkan sinyal satelit yang akan menghasilkan informasi berupa koordinat , latitude dan lokasi dalam peta .dibutuhkan 3 komponen dalam penentuan lokaasi yaitu satelit,recever dan posisi yang baik ( bebas hambatan ).






* A-GPS-Merupakan teknologi yang menggunakan server bantuan untuk memotong waktu yang dibutuhkan untuk menentukan lokasi penggunaan GPS .Berguna di daerah perkotaan atau ruangan yang banyak penghalang . Dibutuhkan 3 komponen yakni satelit,assistance server(GSM) dan receiver A-GPS. Kekuranganya masih tergantung pada coverage GSM operator.




* DLNA-Singkatan Digital Living Network Alliance :

merupakan salah satu teknologi ponsel dimana koneksi antar perangkat dapat dilakukan dengan memanfaatkan jaringan WLAN . Dengan DLNA , ponsel dapat saling bertukar konten berupa foto ,musik,video antar perangkat di jaringan rumahan.





CARL ZEISS-Salah satu merek lensa yang digunakan pada beberapa ponsel antara lain Nokia.Kelebihannya jenis kamera ini menghasilkan akurasi dan ketajaman yang lebih baik karena biasa dipakai di digital camera dan handycam.

LED FLASH-Adalah lampu flash yang menggunakan diode biasa bukan layaknya lampu blitz seperti xenon Flash.Kelebihannya LED flash lebih hemat daya,namun kurang terang untuk pemotretan malam hari dibanding Xenon Flash.



* XENON FLASH-Adalah perangkat seperti lampu Blitz yang membantu dalam pencahayaan kamera ponsel. Keuntungannya Xenon Flash lebih kuat /lebih terang dibanding LED flash namun boros daya.

* GEO TAGGING-Dengan fitur ini,foto yang dihasilkan dari kamera dapat diketahui informasinya berupa posisi data GPS (longitude,latitude dan altitude), Dengan menggunakan GEO TAGGING ,maka anda atau orang lain dapat mengetahui letak pengambilan foto/gambar tersebut termasuk data dan waktu ketika foto diambil.


* POP 3-Standart protokol yang dipergunakan untuk mengambil surat elektronik/email dari server email . POP 3 berfungsi sebagai alamat email masuk (incoming server). sebagai contoh ,alamat POP 3 untuk pengguna akun yahoo adalah pop,mail,yahoo.co.id

* SMTP-Salah satu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik/email kesebuah server di jaringan internet. SMTP berfungsi sebagai alamat email keluar(out going server).



* TRACK ID-Adalah suatu fitur yang akan memberitahukan nama dan artis dari track lagu yang sedang dimainkan .Rekam suatu lagu dari ponsel atau radio dan dengan menggunakan akses GPRS ,informasi tentang lagu tersebut akan didapatkan dalam beberapa detik .






* Demikian sekilas info mengenai beberapa istilah tentang arti kata dan fungsinya pada perangkat HP .semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda ===Asiatronik===

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar