Rabu, 01 September 2010

Mesin cuci MODENA


* Problem kerusakan :
* mati tidak ada tanda tanda kehidupan ,sedangkan fisik body luar dan dalam keadaan baik,langka awal buka kabinet tutup belakang ,untuk safety colokan/steker ac harus dilepas ,langka pengamatan mulai dari jalur kabel ac ,motor dinamo ,belt sampai mesin kontrol/microprocessor dalam keadaan baik,

* Ternyata kabel tidak ada yang putus , soalnya sering terjadi kabel putus gara2 digigit tikus ,langka selanjutnya pengukuran yang pertama diukur steker kabel ac dengan multimeter ternyata tidak gerak ,padahal posisi swit utama power sudah on, setelah mengurut kabel ac ternyata titik finalnya menuju modul pengontrol dan langsung saja pengukuran ke trafo yang menyuplay modul pengontrol tersebut .

* Trafo bagian primer 22o volt dalam keadaan mati ,sedangkan trafo bagian sekunder 12 volt normal .Selanjutnya trafo diganti dengan yang baru ,dan sekarang di pasang kembali seperti semula di lem karet sebagai isolator untuk mencegah bila terkena air dan mencegah dari koslet.

* Setelah semuanya sudah dicek kembali dan sudah baik , sekarang langka akhir waktunya untuk mencoba dihidupkan , setelah power posisi on ternyata hidup dan mau bekerja dengan baik"ok" semua mesin dan modul pengontrol sudah layak dan berjalan normal.

Demikian sekilas info repair mesin loundre dan semoga bermanfaat.==
Asiatronik ==

4 komentar:

  1. kalo mesin cuci dua tabung dengan kedala air menetes terus kalo posisi switch wash/drain udah ditutup. udah dibuka klep buang air dibawah, tapi gak ada yg nyangkut apa2. ada petunjuk boss?

    BalasHapus
  2. biasanya pir dibalik klep sudah karaten yang akhirnya kekuatan tekanan tutup akan berkurang yang akibatnya air bisa mengalir coba ganti pir dengan yang baru supaya tekanan pada klep lebih kuat ,met mencoba ....

    BalasHapus
  3. Punya mesin cuci Toshiba AW-9320E, jarang di pakai, kalau dalam keadaan wash, air kebuang terus. Apa kira2 masalahnya?Apakah karet penutut wash/drain harus diganti?

    BalasHapus
  4. trafo masih keadaan bagus dan tgangan dari trafo pun masih ada
    tapi lampu led control tidak menyala ,???
    tolong di bantu

    BalasHapus