Minggu, 16 Januari 2011

MESIN CUCI





TOSHIBA mesin cuci
Posted by Asiatronik

Problem kendala kerusakan :
* Kalau posisi power dihidupkan mau putar tapi cuma 10 detik kemudian mati,

Langka pertama pengamatan :
Langsung saja buka tutup kabinet belakang dan bersihkan , didalam terlihat ada kabel yang menuju sensor motor utama telah dimakan mouse jadi ada 3 kabel yang putus .

Langka kedua penyambungan kembali :
Setelah kabel yang putus di sambung kembali , dan selanjutnya power dicoba lagi untuk dihidupkan , ternyata keadaan masih tetap dan tidak ada perubahan yaitu 10 detik masih mati .

Langka ketiga pengukuran pada panel :
pengecekan pada bagian panel utama yaitu otaknya yang berupa 1 block modul mikroprocesor dan swit-swit nya , setelah dicek semua bagian modul ternyata tidak ada kendala yang rusak atau terbakar, kesimpulan terakhir kerusakan ada di daerah motor dan sensor .

Langka terakhir pergantian sparepart :
Pengecekan pada areal motor/dinamo penggerak utama , ternyata motor dalam keadaan normal , kecurigaan ada dibagian SENSOR motor yang jalurnya semula putus , maka satu satunya jalan mengganti sensor motor , pencarian komponen di toko elektronik ,toko mesin cuci dan kulkas tidak tersedia , jalan solusinya langsung di toshiba center dealer , ternyata barang juga tidak ada , kalaupun ada harus inden/pesan dan akhirnya inden juga .

* Setelah 2 bulan kemudian kami ditelpon dealer , barangnya sudah ada , dan kata teknisi toshiba sensor ini jarang rusak , selama dia jadi teknisi mesin cuci tidak pernah ganti sensor ini , makanya stock barang tidak ada , setelah order sudah dapat , langsung saja pasang yang namanya sensor 2 bulan itu , posisi sensor menempel tepatnya dibawah motor/dinamo , setelah terpasang , sekarang waktunya untuk mencoba power dihidupkan. ternyata benar mesin bisa bekerja dengan lancar......

* Demikian sekilas info mengenai problem sensor pada kulkas thosiba semoga dapat bermanfaat==
Asiatronik==

1 komentar:

  1. Saya punya mesin cuci merek toshiba yg rusaknya pada bagian pengering tidak berfungsi. Penyebabnya apa? mohon solusinya.

    BalasHapus