Kamis, 15 Juli 2010

Tips Rumah Mungil Yang Sehat


Rumah Mungil Yang Sehat

Sandang, Pangan dan Papan adalah kebutuhan primer yang wajib seorang makhluk bernama manusia miliki untuk menjalankan fungsinya secara normal. Kebutuhan primer ini jika kita ingin jabarkan satu persatu, bahwa kebutuhan manusia akan sandang sangatlah penting. Bagaimana tidak, salah faktor pembeda antara manusia dengan makhluk lain (Hewan dan Tumbuhan) adalah Sandang ini. Istilah Sandang dapat diartikan busana serta asesoris yang menempel di tubuh manusia untuk fungsi kesehatan maupun estetika.

Kebutuhan primer yang kedua adalah Pangan. Kebutuhan dasar makhluk yang dinamakan hidup adalah makan. Proses ini akan sangat penting dalam meneruskan "roda kehidupan" dirinya. Makan dan makanan adalah hal pokok dan penting untuk meneruskan generasi dan pertumbuhan makhluk hidup termasuk manusia.

Terakhir, adalah kebutuhan akan Papan. Kebutuhan akan tempat tinggal sangatlah penting selain dua kebutuhan primer diatas. Sebagai manusia, fungsi sosial dengan memanfaatkan sebuah rumah akan berjalan seimbang dan beriringan di kesehariannya.

Namun, ada beberapa kendala yang berkaitan dengan kebutuhan primer yang satu ini. Salah satu diantaranya adalah harga tanah serta material bangunan rumah yang mahal. Terutama untuk kota-kota besar, kedua elemen penting ini akan sulit untuk di jangkau jika kita memiliki banyak dana.

Nah, konsep yang sedang berkembang berhasil menjadi terobosan dalam menangani masalah diatas adalah pembuatan Rumah Mungil Yang Sehat. Mengapa sehat menjadi suatu tambahan kriteria dalam konsep ini? Karena bayangkan, sebuah rumah banyak dijadikan "kambing hitam" penyebab kerusakan lingkungan sekitar. Efek Rumah Kaca salah satunya. Efek negatif dari Konsep Pembuatan Rumah ini adalah menipisnya lapisan "sekat" matahari ke bumi yakni Ozon. Efek Rumah Kaca dianggap memantulkan kembali sinar matahari yang terpancar dari atas kebawah kemudian keatas lagi. Yang akhirnya akan mengurangi ketebalan dari lapisan matahari paling luar, Ozon.

Salah solusi menerapkan Konsep Rumah Mungil Yang Sehat terkait efek negatif rumah kaca terhadap lapisan ozon adalah menerapkan Konsep Rumah Ekologis Dengan Memaksimalkan Peran Tanaman. Tanaman sudah terbukti membantu menjaga ekosistem suatu lingkungan selalu seimbang. Jadi, sistem solusi ini mungkin dapat di jadikan referensi dalam menangani Efek Rumah Kaca.

Selain konsep diatas, untuk dapat menerapkan sistem Rumah Mungil Yang Sehat adalah antara lain : Kesesuaian pencahayaan yang datang ke dalam rumah, Sirkulasi udara dalam dan luar rumah, Sanitasi rumah, serta Pengelolaan limbah rumah tangga. Namun, beberapa hal ini tidak menjadi mutlak adanya, tergantung keadaan lingkungan dan situasi sekitar rumah.

Artikel ini hanya pengantar dalam mencapai sebuah Rumah Idaman dengan minimalis biaya namun tetap layak sesuai dengan kebutuhan dasar seorang manusia dan faktor kesesuaiannya dengan ekosistem lingkungan rumah itu tinggal. Untuk dapat membaca informasi secara komprehensif tentang Konsep Pembuatan Rumah Tinggal yang layak, Anda dapat di situs yang telah banyak di rekomendasikan seorang Arsitektur Interior maupun Landscape Indonesia, di : http://www.ideaonline.co.id/ .

Demikian postingan ini saya share. Semoga artikel ini dapat membantu dan menjadi Panduan Dalam Membuat Rumah Baru yang Mungil dan Sehat. Terima kasih.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar