Rabu, 23 Juni 2010

Poles Pada Mobil



Poles Mobil

By:Asiatronik

Poles Mobil & Detailing

Perhatikan Fungsi Obat dan Urutan Kerja

Info Automotive-Ini adalah pekerjaan yang tidak mudah. Jika mau dijabarkan,maka poles mobil menpunyai 5 urutan kerja yaitu : Wash (car wash shampoo & conditioner), clean, Polish, Protection dan Maintanance.

Setelah dicuci bersih dengan cara yang benar tentunya, maka permukaan cat mobil dibersihkan dengan cleaner yang bertujuan menghilangkan noda, kotoran atau jamur membandel yang tidak bisa dibersihkan dengan cuci mobil biasa. Nah, dalam proses ini “biasanya” cat mengalami luka yang berakibat permukaan tidak menjadi rata. Oleh karena itu langkah ketiga yaitu polish berfungsi memberi efek rata/mulus sekaligus memberikan lapisan pelindung (clear coat) pada cat kendaraan. Setelah dilapisis clear maka tindakan selanjuntnya adalah protection / melindungi cat dari sinar UV atau polutan perusak lainnya dengan bahan polymer yang mampu bertahan hingga 6 bulan (tergantung kondisi). Terakhir adalah perawatan. Ini akan memberi kesan wet look pada cat.

Kelima urutan in itentu saja membutuhkan bahan / obat yang bebeda dan juga peralatan yang berbeda. Setiap alat dan obat mempunyai klasifikasi khusus agar mampu bekerja dengan optimal.

Bisa Dilakukan Sendiri

Apalah artinya cantik jika kita tidak merawatnya. Nah, dengan filosofi seperti ini HIN melihat bahwa bagian maintanance terhitung vital dan sangat penting. Di after market /pasar bebas banyak sekali ditemukan bahan-bahan perawatan mobil ini.

Biasanya setiap pabrikan mempunyai dua line up besar yaitu untuk amatir dan professional. Setiap step mempunyai sistematika cara dan tingkat kesulitan yang berbeda. Prinsipnya, jika mobil kita sudah “parah” dalam arti jamur dan oksidasi yang merajalela ditambah dengan scratch berta disana-sini maka disarankan untuk masuk ke professional seperti Salon Mobil / Detailing wokshop.

Setelah selesai dari tepat pro maka giluran kita merawat. Minimal kita harus mempunyai peralatan cuci mobil yang memadai, peralatan harware seuai dengan fungsinya serta bahan polish yang diperuntukan untuk proses perawatan

Bahan yang dimaksud adalah bagian Proteksi (waxing step). Bahan ini biasanya dibagi menjadi 2 bagaian yaitu berat dan ringan. Berat adalah berfungsi untuk melindungi cat dari UV dan bahan perusak lain dan bisa dilkukan sendiri 1-2 minggu sekali. Sedangkan yang ringan biasanya difungsikan untuk proses wax cepat dan jika mobilpun dalam kondisi baik. Hal ini bisa dilakukan 1-3 hari sekali tergantung kondisi.By:Asiatronik


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar