Minggu, 16 Mei 2010

Perawatan Mesin Mobil


Perawatan Mesin Berkala

by:Asiatronik

Jangan Lupa, Perawatan Berkala!!!

Berbicara tentang mesin, pasti hal yang pertama ada di benak kita adalah rumit. Padahal dengan sedikit kemauan “membaca” mesin bukan sesuatu yang menakutkan koq!

Info Automotive-Istilah-istilah seperti “mogok”, “mberebet”, “tarikan kurang” dan lain-lain adalah isitilah yang sering kita dengar tentang mesin mobil kita. Semua istilah tadi bias dikategorikan sebagai “penyakit” yang menakutkan tentunya. Tentu saja dengan sedikit pemahaman, kita tidak akan dianggap terlalu bodoh untuk masalah mekanik mesin ini.

Perawatan Berkala

Hal wajib yang harus dipatuhi oleh semua pengguna mobil adalah service dan perawatan berkala. Ini menjadi hal sangat penting lantaran mesin juga mempunyai system mekanisme tersendiri yang juga membutuhkan refreshment seperti udara segar, air, pelumas dan juga kebersihan.

Dalam service rutin ada beberapa catatan khusus yang harus diperhatikan yaitu air filter, gas filter, ruang bakar dan oli. 4 hal ini haram untuk di lupakan. Air filter menjadi sangat penting ketika ia berfungsi menyaring kualitas udara yang nantinya akan tercampur di ruang bakar bersama bensin. Ibaratnya seperti lubang hidung dan paru-paru kita. Saringan bensin juga demikian. Kita tidak pernah tahu kualitas sebenarnya dari bahan bakar yang kita beli. Jika ada kotoran masuk, maka lubang-lubang mikro pada karburator / injection akan terganggu. Sedangkan oli sangat berperan aktif dalam “melancarkan” semua pergerakan mekanis logam dalam mesin mobil.

Traffic jam, buruknya kualitas bahan bakar, suhu bumi serta kealpaan kita dalam merawat mobil merupakan beberapa faktor penting yang mampu mempercepat kerusakan mesin mobil. Dalam keadaan macet, beban mesin menjadi sangat berat mengingat system pendinginan dari udara bergerak tidak didapatkan walaupun sudah ada electric fan untuk itu. Ini diperparah dengan suhu sekitar mesin yang menjadi sangat panas, penggunaan AC dan system kelistrikan lain pada mobil yang bisa menyebabkan air dalam system radiator lebih cepat panas dan menguap. Jelas ini akan menyebabkan over heat yang menyebabkan mesin knocking / macet.

Untuk mengurangi beban kinerja mesin mobil, bisa diringanan dengan menambah secara rutin air radiator dan juga pemilihan oli yang tepat dan berkualitas. Kedua hal tadi menjadi sangat penting mengingat oli dan air merupakan pertahanan terakhir mesin ketika terjadi beban berat. W123

Demikian sekilas info tentang perawatan berkala pada mesin mobil semoga bermanfaat ===4514tronik===

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar