Rabu, 19 Mei 2010

Ban Gembos Bensin Boros

Konsumsi Bensin Jadi Boros ?

PDFPrintE-mail

Ban Dapat Membuat Konsumsi Bensin Jadi Boros

tires.1info-automotiveBesin boros ternyata tidak melulu terjadi karena urusan mesin atau gaya mengemudi kita, nyatanya ban bisa menjadi salah satu penyebab borosnya bahan bakar, oke berikut kita bahas beberapa hal yang harus kita perhatikan pada ban agar pemakaian bensin jadi tidak boros



balancing_ban_l1. Jangan Lupa Untuk Balancing dan Spooring

Tidak balans atau seimbang pada ban membuat gerak kendaraan cenderung akan kanan atau ke kiri, dengan tidak ada keseimbangan maka laju mobil tidak akan dinamis, bahkan cenderung laju kendaraan akan menjadi berat, kemudian spooring, ya ini berhubungan dengan kaki-kaki pada kendaraan secara keseluruhan, jadi “tie-rod” , “long tie-rod”, serta “toe-in” harus distel, lakukan kegiatan spooring serta balancing untuk kendaraan dengan pemakaian harian minimal 6 bulan sekali.


spooringbengkel2. Roda Seret Ketika Di Putar

Apabila roda ketika sedang didongkrak kemudian ketika diputar mengalami seret ada kemungkinan masalah pada pengereman, periksalah sistim pengeremannya terutama pada piston kaliper, karena logikanya roda susah atau seret digerakkan akan mengakibatkan boros bensin akibat energi yang dibutuhkan lebih besar.


tekananban3. Ukuran Ban Yang Tidak Sesuai Standar.

Yeap, ini juga menjadi penyumbang borosnya bensin, karena apa? sebenarnya pabrik kendaraan sudah merekomendasikan ban sesuai dengan kekuatan mesin dan sesuai dengan jenis kendaraan yang dibuat mereka, ban yang terlalu besar baik dari segi diameter atau lebarnya tentunya akan mengakibatkan hambatan putar ban menjadi besar, sehingga dibutuhkan bensin yang lebih banyak untuk memacu kendaraan, jadi gunakan ban sesuai ukuran rekomendasi pabrik kendaraan.


ban kempes4. Periksa Tekanan Angin Ban.

Periksa ukuran tekanan angin ban anda apakah sesuai dengan yang dianjurkan kendaraan? Apabila belum segera sesuaikan, karena apabila ukuran tekanan angin ban terlalu rendah akan mengakibatkan ban berubah bentuk serta tapaknya akan menjadi lebar, karena bentuk tapak ban yang terlalu lebar akan mengakibatkan friksi atau gesekan pada permukaan jalan jadi besar, sehingga dibutuhkan tenaga yang besar sehingga bensin jadi boros. B2 41GO

Demikian sekilas info mengenai Ban Gembos sama dengan Bensin Boros semoga dapat bermanfaat===Asiatronik===

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar