Rabu, 14 April 2010

Tips Makanan Untuk Kesuburan Wanita dan Pria



Tips Makanan Untuk Kesuburan Wanita dan Pria
Posted by Asiatronik in Kehamilan, Kesehatan |
Makanan Untuk Meningkatkan Kesuburan Pria dan Wanita

Masalah kesuburan yang sering terjadi pada wanita dan pria salah satunya diakibatkan karena pola makan yang tidak seimbang. Kaum wanita dan pria sangat perlu menerapkan gaya hidup dan pola makan yang benar agar sel telur (pada wanita) dan sel sperma (pada pria) memiliki kualitas yang baik. Makanan yang disantap sehari-hari pun haruslah makanan yang sehat dan baik dari segi nutrisi dan gizinya. Nutrisi dan zat gizi penting yang berperan untuk meningkatkan kesuburan antara lain :

1. Asam Folat
Asam folat sangat penting bagi wanita dan pria. Pasangan suami istri yang berencana memiliki keturunan sebaiknya mulai mengkonsumsi asam folat kurang lebih 3 bulan sebelum terjadinya kehamilan.

Wanita yang mengkonsumsi asam folat memiliki peluang hamil yang lebih baik dibandingkan wanita yang kekurangan asam folat. Pada pria, asam folat dapat menigkatkan jumlah sperma yang dihasilkan. Hal ini ditunjukkan dalam sebuah hasil penelitian di Belanda yang menyebutkan bahwa pria yang kurang subur (infertile) setelah diberikan asam folat sebanyak 5 mg per hari ternyata jumlah spermanya meningkat 75%.

Kebutuhan asam folat pada wanita dan pria dewasa sekitar 400 mikrogram/harinya. Kebutuhan ini tentu meningkat pada wanita hamil dan menyusui. Untuk lebih jelasnya mengenai asam folat dan makanan apa saja yang kaya asam folat, Anda dapat membaca artikel Asam Folat Penting untuk Kesehatan dan Buah Avokad (Alpukat) Kaya Asam Folat Cegah Janin Cacat.

2. Vitamin B6
Berdasarkan hasil studi, pemberian vitamin B6 selama 6 bulan dapat meningkatkan hormone progesterone, suatu hormone kewanitaan yang bertanggung jawab dalam pelepasan sel telur selama masa ovulasi, bertanggung jawab juga pada masalah kesuburan dan kehamilan.
Contoh makanan yang mengandung vitamin B6 adalah daging sapi, ayam, ikan, kentang, sayuran hijau, beberapa jenis buah.

3. Vitamin B12
Vitamin B12 juga dapat menigkatkan jumlah sperma pria. Sebuah riset yang meneliti 375 pria infertile, kemudian pria-pria tersebut diberi asupan vitamin B12 sebanyak 6000 mikrogram selama 12 minggu, ternyata jumlah sperma yang dihasilkan pria-pria tersebut meningkat hingga 57 %.
Makanan yang mengandung vitamin B12 antara lain : daging sapi, ayam, susu, produk olahan susu, telur.

4. Vitamin C
Vitamin C juga dapat meningkatkan kualitas sperma sehingga menjadi lebih lincah, gesit, gerakannya cepat. Pemberian vitamin C sebanyak 200-1000mg/hari dapat melindungi sperma laki-laki dari kerusakan oksidatif DNA, dimana kerusakan DNA sperma dapat menyebabkan sulitnya terjadi pembuahan dan meningkatkan resiko keguguran janin.

Beberapa makanan yang mengandung vitamin C antara lain : buah-buahan seperti jeruk, mangga, stroberi, papaya, tomat, sayuran seperti brokoli (kandungan vitamin C nya sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dari kandungan vitamin C dalam sebuah jeruk), bayam, asparagus.

Nutrisi dan Zat Gizi Untuk Meningkatkan Kesuburan Pria Wanita
5. Vitamin D
Vitamin D tidak hanya penting bagi tulang, namun juga berperan bagi otak, system kekebalan tubuh (immune system) dan kesuburan. Wanita yang memiliki masalah kesuburan yaitu gangguan sindrom ovarium polisistik atau Polocycstic Ovary Syndrome (PCOS) salah satunya disebabkan karena kekurangan (defisiensi) vitamin D. Vitamin D juga dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Contoh makanan yang mengandung vitamin D adalah : ikan, keju, kuning telur, hati sapi.

6. Vitamin E
Vitamin E dapat menigkatkan kualitas telur wanita dan juga kualitas sperma laki-laki. Vitamin ini juga mampu meningkatkan jumlah produksi sperma. Studi menunjukkan bahwa pasangan suami istri yang tidak kekurangan vitamin E memiliki kualitas bibit (sperma dan sel telur) yang lebih baik dan subur. Beberapa makanan yang mengangung vitamin E adalah kacang-kacangan, kedelai, brokoli, bayam, kiwi, mangga, tomat.

7. Zat Besi
Kadar zat besi dalam tubuh ternyata mempengaruhi tingkat kesuburan. Berbagai masalah gangguan ovulasi pada wanita salah satunya diakibatkan karena asupan zat besi yang tidak cukup. Pada masa proses konsepsi, kecukupan zat besi pada perempuan sangatlah penting. Wanita yang kekurangan zat besi perlu diberi asupan zat besi untuk meningkatkan kesuburan.
Contoh makanan yang mengandung zat besi adalah daging sapi, tahu, tempe, hati, kacang-kacangan, sayuran hjau.

8. Selenium
Laki-laki yang kekurangan mineral selenium akan mengalami gangguan pada fungsi reproduksinya. Hal ini tentu saja akan menimbulkan masalah kesuburan. Kurangnya asupan selenium akan menurunkan kualitas dan jumlah sperma. Selenium juga berperan sebagai antioksidan yang mampu mencegah kerusakan kromosom.
Contoh makanan yang mengandung selenium antara lain : jagung, gandum, kedelai, kacang-kacangan, ikan, ayam, susu, keju.

9. Zinc (Mineral Seng)
Pria yang kekurangan zinc akan mengalami kekurangan jumlah sperma, kemampuan gerak sperma jadi menurun, dan rendahnya kadar hormone testosterone.
Contoh makanan yang mengandung zinc adalah daging sapi, kuning telur, seafood, ayam, kacang-kacangan.

10. Asam lemak esensial
Bagi pria, asam lemak esensial berperan penting dalam kesuburan karena semen (air mani) akan lebih kaya prostaglandin (derivate asam lemak) yang dihasilkan dari asam lemak esensial ini. Pria yang kualitas spermanya rendah, sperma tidak normal, jumlah sperma kurang, dan kemampuan gerak (motilitas) sperma kurang ternyata memiliki kadar prostaglandin yang tidak cukup.
Bahan makanan yang kaya asam lemak antara lain : ikan laut, kacang-kacangan, keju, daging sapi, kuning telur, susu, alpukat, alamon, biji bunga matahari.

Makanan yang penting untuk kesuburan seperti yang telah dijelaskan di atas selain bisa diperoleh secara alami dari sumber makanan sehari-hari bisa juga Anda dapatkan dari suplemen apabila benar-benar dibutuhkan.

Bagi sebagian orang, usaha untuk mendapatkan keturunan memang tidaklah mudah. Jika Anda termasuk salah satu diantaranya, selain menerapkan pola makan yang baik dengan gizi yang seimbang untuk menjaga kesuburan, Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat, menghindari hal-hal yang dapat mengganggu kesuburan, menjauhi stress dan berpikiran positif serta lebih mendekatkan diri pada Tuhan.Posted by Asiatronik in Kehamilan, Kesehatan |

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar