Kamis, 15 April 2010

Ketahui tentang mobil matik

Tentang Mobil Matik

PDFPrintE-mail

Hal-hal Sederhana Yang Anda Harus Ketahui Tentang Mobil Matik

automatic-transmissionGambaran ibukota dengan kemacetan membuat kita mudah lelah dalam mengemudikan mobil, bagi kita pengendara mobil mengganti mobil kita dengan beralih ke mobil dengan transmisi matic merupakan pilihannya agar tidak mudah lelah dalam perjalanan macet yang memakan waktu yang lama, tapi apakah tau bagaimana merawatnya?, terutama baigi kita yang baru saja beralih ke mobil matic. Berikut adalah beberapa triks sederhana yang harus anda ketahui tantang mobil matic.

atf_transmission_fluid

1. Tentang Automatic Transmision Fluid

Fluida atau cairan ini adanya dalam gearbox mobil matic, fungsi utamanya adalah untuk melumasi kompenen yang ada di dalam gearbox matic, tapi bukan hanya itu ATF (Automatic Transmision Fluid) ini fungsi penting lainnya adalah sebagai media perantara pada piranti hidrolik pada sistim gearbox matic, terutama untuk mengatur perpindahan gigi dan merapatkan plat kopling. Jadi perhatikan kekentalannya karena apabila kekentalannya makin turun (encer) maka tekanan yang dihasilkan akan berkurang.

0801sr_03_z+gm_700_r4_overdrive_automatic_transmission+2. Hati-hati Apabila Slip Kopling

Ini adalah salah satu gejala kerusakan pada transmisi matik, karena adanya ketidak seimbangan antara putaran mesin dan laju mobil, mesin meraung-raung pada putaran RPM tinggi tapi mobil berjalan tidak sesuai dengan deru mesinnya.

3.Memindahkan Gigi Menyentak (Kasar)

Ini perlu juga diperhatikan apabila mobil kita menyentak apabila sedang dalam keadaan perpindahan gigi, jadi tidak halus seperti biasanya, cara mengeceknya adalah dengan memindahkan perseneling ke posisi D atau R kemudian rem dilepas, nah apabila mobil anda sehat maka akan langsung bergerak, tapi apabila tidak kemungkinan besar ada masalah pada transmisi matik anda, segera konsultasikan ke bengkel langganan anda.

visitors car park4. Jangan memindahkan perseneling ke posisi P apabila mobil anda belum benar-benar berhenti.

5. Ingat Posisi D Bukan Untuk Parkir

Kebiasaan ini biasa dilakukan pada pengemudi yang baru saja beralih dari transmisi manual ke matic, tinggalkan kebiasaan ini karena plat koplingnya akan cepat rusak atau aus apabila terparkir dengan posisi tuas D.

B2 412GO

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar