Kamis, 25 Maret 2010

VELG Kuat, Stabil dan Ringan


Teknologi Forged

PDFPrintE-mail

Teknologi Forged Pada Velg

Kuat, Stabil dan Ringan

Jika diartikan dalam bahasa kamus, Forge berarti tempa / ditempa. Nah, sesuai dengan bahasa kamus tersebut, kurang lebih sama dalam proses pembuatan velg forged, yaitu logam mentah yang dipakai bukan berasal dari logam cair yang dicetak sedemikian rupa, melainkan logam padat yang dicetak dengan tekanan yang luar biasa.

Info Automotive-Dalam proses forging, logam padat yang dipakai hanya bisa menggunakan logam-logam dengan karakter bahan yang kuat serta ringan. Tipikal logam seperti ini biasanya digunakan oleh teknologi dari material pesawat udara (campuran aluminium, magnesium dll). Tekanan yang digunakan dalam setiap proses forging ini adalah 5000 Kg/cm2. Ini sebabnya mengapa velg dengan proses forged “biasanya “ mempunyai bentuk dasar yang kaku dengan detail garis siku-siku yang dominan.

Velg forged ini juga terbagi atas single pieces dan multipieces forged. Velg dengan tipikal single pieces forged biasanya digunakan untuk mengejar fungsi serta karakter yang ringan. Bahan dasar yang dipakai biasanya aluminium. Ini lantaran logam ini mempunyai sifat dasar yang kuat dan ringan. Volk Racing TE37, TE37X, LE37T atau CE28N adalah contoh velg single pieces forged yang mempunyai tingkat keringanan serta durability yang sudah terbukti dalam berbagai ajang racing akbar kelas dunia seperti BTCC, DTM, JGTC, GT500, GT300 bahkan ITCC.

Selanjutnya, untuk forged multipieces biasanya digunakan untuk kepentingan dress up dan fashion. Biasanya velg kategori ini juga akrab disapa velg custom lantaran komunitasnya yang sangat terbatas di dunia. Secara design, velg forged fashion mempunyai bentuk yang lebih beragam. Finishingnya juga lebih beragam, yaitu dari chrome, painting hingga polish. Kini hampir semua pabrikan terkemuka dunia seperti Modullare, HRE, Vellano, Wald, J-Line atau Radenergie sudah memiliki teknologi Forged ini. Design yang terus berkembang serta teknologi terkini membuat para Forged mania mempunyai banyak sekali pilihan.

Namun jika kita berbicara tentang Forged Wheel maka kita tidak bisa melupakan “jasa” pabrikan HRE dimana sejak tahun 70-an sudah berkecimpung di dunia forged. Maka tidak heran jika HRE adalah merk yang menjadi leading dalam industri forged custom ini. Jumlahnya yang sangat terbatas, menjadikan velg ini menjadi incaran para kolektor.By:Asiatronik

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar