Rabu, 17 Maret 2010

Tips Awet Muda Dengan Buah dan Sayuran


Buah dan Sayuran Yang Berkhasiat untuk Awet Muda
Posted by Asiatronik in Kesehatan, Kulit , Perawatan Diri |

* Buah-Sayuran-Awet-Muda-TomatSetiap orang dipastikan akan menjadi tua, suka atau tidak hal tersebut pasti akan terjadi. Pada beberapa orang terjadinya penuaan menjadi momok tersendiri, munculnya keriput atau penurunan fungsi organ merupakan dua hal yang menandai terjadinya penuaan dan sering kali ditakuti oleh beberapa orang.

* Oleh karena itu, dunia riset banyak melakukan berbagai penelitian dalam rangka memerangi munculnya penuaan. Berbagai macam produk, seperti suplemen, pun dihasilkan guna mencegah terjadinya penuaan. Namun, tahukah kamu jika ada cara mudah untuk memerangi penuaan? Caranya adalah cukup dengan mengkonsumsi buah dan sayuran.

Berikut beberapa buah dan sayuran yang dapat membantu kamu dalam memerangi terjadinya penuaan.

* Brokoli
Kandungan sulforaphane-nya mengurangi produksi enzim penghasil racun dalam tubuh. Semakin muda brokoli, semakin banyak kadar sulforaphane yang dikandung. Bila kamu tidak menyukai brokoli, kamu bisa menggantinya dengan kol atau kembang kol yang kurang lebih berkhasiat sama.
* Teh Hijau
Seperti halnya teh hitam, teh hijau kaya akan antioksidan yang melindungi diri dari serangan jantung, kanker payudara dan memperbaiki sirkulasi estrogen dalam tubuh.
* Blueberry dan Anggur Merah
Ternyata blueberry dan anggur merah memiliki khasiat dalam mengatasi kepikunan yang merupakan salah satu tanda penuaan. Banyak orang yang tidak menyadari hal tersebut. Khasiat yang dimiliki oleh blueberry dan anggur merah ini dikarenakan adanya kandungan anthocyanin pada kedua buah tersebut. Buah lain yang memiliki khasiat serupa, antara lain plum (termasuk yang kering), black berry dan kol merah.
* Jahe dan Rempah lain
Beraneka rempah dan bumbu dedaunan yang segar dan kering sangat bagus efeknya untuk kesehatan. Sebut saja, sage, thyme, cengkih, kayumanis dan peppermint dapat mencegah penyakit kronis. Sedangkan kunyit maupun kari dapat mengurangi resiko Alzheimer. Terbukti bahwa Alzheimer jarang diidap oleh orang India, karena mereka banyak mengonsumsi kunyit pada masakan kari.
* Tomat
Untuk tetap awet muda, tubuh kamu harus sehat. Tomat merah segar maupun rebus mengandung pigmen lycopene yang dapat mengurangi resiko gangguan jantung (kardiovaskular), kanker, degenerasi maskular (otot) dan mencegah kebutaan (katarak) pada usia di atas 55 tahun. Buah lain yang kadar lycopene-nya tinggi antara lain jambu biji dan semangka.
* Bayam
Bayam dan juga sayuran berwarna hijau sangat baik dikonsumsi untuk mencegah penuaan. Satu porsi sayuran dapat menghilangkan resiko serangan jantung sebanyak 11%. Kandungan karotenoid, lutein, zeaxanthin dan antioksidannya dapat memperbaiki kualitas kesehatan mata dan memperkecil resiko degenerasi otot.
* Alpukat dan Zaitun
Kadar asam lemak tak jenuh dalam alpukat sangat baik bagi kesehatan jantung. Sementara lemaknya membantu tubuh menyerap lycopene, betakaroten dan lutein dengan baik. Jadi, jangan ragu menyantap alpukat, meski kamu tengah berdiet. Biar bagaimanapun kamu tetap membutuhkan lemak meski sedang dalam program penurunan berat badan.
* Apel
Antioksidannya dapat melindungi otak dari kerusakan, seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson. Yang terbaik cara memakan apel adalah bersama kulitnya, karena di situlah bagian tertinggi konsentrat antioksidannya.
* Yoghurt dan Susu Kedelai
Kalsium dan vitamin D yang terkandung di dalamnya dapat menguatkan tulang, karena itu ahli gizi menyarankan untuk meminumnya 2-3 kali sehari. Terlebih susu kacang kedelai, karena dapat menyehatkan tubuh dari gejala menopause, antikanker, menurunkan kadar kolesterol dan resiko osteoporosis.
* Salmon, Sardin, dan Tuna
Selain sayuran dan buah, kamu juga butuh protein dari ikan seperti salmon, sardine dan tuna. Penelitian medis menunjukkan remaja yang makan dua porsi ikan setiap minggu memiliki jantung yang sehat. Selain itu kandungan omega 3 yang terdapat pada ikan dapat mempertajam fungsi otak.

* Semoga daftar buah dan sayuran yang memiliki khasiat awet muda menambah wawasan Anda dalam mengonsumsi buah dan sayuran lebih banyak lagi.
Posted
by Asiatronik in Kesehatan, Kulit , Perawatan Diri |

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar