Selasa, 09 Maret 2010

Cara Aman Pada Tabung Gas Elpiji

Posted by :Asiatronik

tabung gas elpiji 3 kg kualitas baik
Ledakan dan kebakaran yang belakangan ini marak terjadi, akibat terjadinya kebocoran gas elpiji yang berasal dari tabung gas elpiji 3 kg. Kejadian tersebut banyak menimbulkan korban, baik korban nyawa maupun materiil. Menurut hasil penelitian dari tim Pertamina di lapangan ditemukan bahwa sebagian besar masyarakat pengguna gas elpiji tabung 3 kg ternyata masih menggunakan kompor minyak tanah secara bersamaan.

Dan sebab lain adalah sering terjadinya kebocoran tabung gas elpiji 3 kg. Cara untuk mencegah terjadinya kebakaran yang diakibatkan kebocoran tabung, lakukan pengecekan tabung gassebelum tabung gas tersebut digunakan. Adapun cara pengecekan yaitu dengan menggunakan air sabun, kemudian air sabun tersebut di oleskan ke sambungan las atau ujung kuningan. Apabila timbul gelembung, maka dapat dipastikan bahwa tabung tersebut mengalami kebocoran. Segera lakukan penukaran tabung.

Ada tips aman dan nyaman menggunakan Tabung gas Elpiji 3 Kg, antara lain:

1. Membeli tabung gas elpiji 3 kg di agen / pangkalan resmi Pertamina.

2. Saat membeli tabung gas, lakukan pengecekan dan pastikan bahwa ada karet hitam pada valve tabung gas elpiji 3 kg

3. Sebelum tabung gas digunakan, lakukan pemeriksaan dan pastikan selang benar-benar terpasang ke regulator dan kompor gas secara baik. Dan kencangkan klemnya.

4. Letakkan tabung gas elpiji 3 kg di bawah kompor gas, sehingga posisi tabung tidak sejajar dengan kompor.

5. Letakkan tabung gas elpiji 3 kg agak jauh dari kompor dengan tujuan agar panas api dari kompor tidak menyambar ke tabung gas elpiji 3 kg

6. Lakukan pemasangan regulator dan lakukan pemutaran kenop regulator searah jarum jam hingga menunnjuk ke arah bawah.

7. Untuk menyalakan kompor, tekan kenop kompor lalu putar kearah kiri (berlawanan arah jarum jam).

8. Apabila api belum menyala, jangan mencolok valve tabung gas elpiji 3 kg. Dan sebaiknya cukup dengan menggoyang-goyangkan selang.

9. Jangan memakai kompor minyak tanah secara bersamaan dengan kompor gas elpiji dalam posisi yang terlalu dekat.

10. Tempat untuk meletakkan kompor gas, sebaiknya mempunyai sirkulasi udara yang baik.

11. Bila terjadi kebocoran gas dengan indikasi terciumnya bau gas, segera lepas regulatornya. Segera alihkan tabung gas elpiji 3 kg ke luar ruangan. Atau segera buka pintu jangan hanya membuka jendela, karena gas elpiji lebih berat dari udara, sehingga posisi gas elpiji berada di sekitar permukaan lantai.

Demikian Sekilas info mengenai tips aman dan nyaman menggunakan Tabung gas Elpiji 3 Kg. Semoga bermanfaat.===Asiatronik===

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar