Jumat, 12 Maret 2010

3 Proses dalam kehidupan

3 Proses dalam kehidupan

by:Asiatronik my family

Dalam menjalani proses kehidupan ini, setiap manusia setidaknya mengalami 3 fase penting yang harus dilewatinya.

Yang pertama, adalah masa kanak-kanak.

* Masa di mana setiap individu manusia diperkenalkan akan segala sesuatu hal baru yang belum pernah di laluinya. Pada fase ini, setiap manusia mulai belajar mengenal sesuatu, merasakan dan melakukan atau meniru apa yang dilihat atau dirasakan di sekelilingnya.

Yang ke-dua adalah masa remaja.

* Masa di mana setiap manusia melewati masa perubahan/transisi dari masa kanak-kanak ke masa remaja atau mas pubertas/akhil baligh. Ini masa yang sangat penting dimana pada masa ini biasanya banyak sekali godaan dan tantangannya. Peranan orang tua dalam hal membimbing si anak sangat menentukan sekali agar anak-anak tidak salah dalam melangkah.
Kemudian fase yang ketiga adalah tahap dewasa.

* Pada masa ini biasanya seseorang sudah tumbuh lebih matang dan lebih bijaksana karena dengan banyaknya pengalaman dalam mengarungi kehidupan yang dijalaninya . Namun bukan berarti tanpa masalah, masalah sudah pasti ada namun biasanya pada fase ini seseorang bisa lebih bijak , sabar dalam menentukan pilihan dan mengambil keputusan.


* Dari ketiga fase ini, fase yang kedua biasanya memilki lebih banyak problema dan memerlukan penanganan yang serius, mengingat begitu kompleksnya masalah yang di hadapi.ya memang tidak mudah tapi kalau kita mau belajar sabar maka semua akan bisa berjalan dengan baik .

* Dari sini peran orang tua sangat dibutuhkan yaitu , salah satunya dengan cara peran orang tua yang tidak terlalu sering mengatur , jadikan anak menjadi teman dengan pendekatan seperti ini adalah sangat penting .Kalau anak sudah bisa menjadi teman maka , kalau anak punya masalah diluar rumah dia akan tanya pada orang tuanya dan tentunya anak akan kerasan dirumah .

* Usahakan dalam mendidik anak misal untuk membersihkan lantai jangan sampai memerintah dengan kalimat kasar ,lebih baik kita sebagai orang tua juga harus bisa menghormati hak si anak dengan kalimat yang lembut yaitu" supaya lantai bersih tolong ya nak dibersihkan nanti adikmu membersihkan bagian halaman "usahakan setiap hari diberi jadwal kerja .

* Kalau kita sering menanamkan kepedulian pada si anak nantinya pekerjaan orang tua agak diperingan , karena anak sudah tahu akan tanggung jawabnya .

by:Asiatronik my family

2 komentar:

  1. Excellent post however I was wondering if you could write a
    little more on this topic
    http://www.gasas.com.es/
    Gasas

    BalasHapus
  2. Thanks for an insightful post. These tips are really helpful. Again thanks for sharing your knowledge with us.Keep up the good work.
    http://www.guantesdevinilo.es/
    Guantes de vinilo

    BalasHapus