Rabu, 17 Februari 2010

Jauhi berkendara dengan memakai Ponsel

Malapetaka Dibalik Penggunaan Handphone

PDFPrintE-mail

Perihal Malapetaka Dibalik Penggunaan Handphone

stop_phone_incarJaman sekarang keberadaan handphone adalah sangat berguna, segala kebutuhan ada dalam alat elektronik ini, dan kita semua tidak memungkiri bahwa handphone yang awalnya hanya sebagai alat komunikasi untuk mobilitas kita yang tinggi, telah dilengkapi dengan komunikasi yang tidak hanya berbasis suara atau pun text (sms).

Bahkan informasi multimedia, internet, kamera, mp3, dan lain-lain menjadi pendukung yang wajib bagi handphone dengan ber “genre” smartphone, jadi seakan-akan dunia berada pada genggaman tangan kita.

904etika-ponsel-dvdTapi diartikel ini, kita tidak akan membahas kegunaan spesifiknya tapi bahaya handphone (HP), bagi kita pengendara roda 2 atau pun roda 4, karena banyak kecelakaan yang terjadi di jalan raya akibat dari penggunaan pengemudi pada HP.

Disatu sisi kita memang sangat membutuhkan sekali HP bahkan pada saat kita berkendaraan sekalipun, tetapi penggunaan HP pada saat berkendaraan terutama ketika kita menjadi pengemudinya, faktanya akan merusak konsentrasi kita terutama konsentrasi pada saat menjalankan kendaraan, dimana tidak hanya dibutuhkan konsentrasi tetapi kewaspadaan yang tinggi, dan sikap emosional yang kondusif, makanya sebaiknya hentikan penggunaan HP anda pada saat anda berkendaraan.

jangan_telpondimobilNamun apabila memang kebutuhan komunikasi kita menggunakan HP tidak bisa dihindari, terutama untuk telepon atau ditelepon (panggilan suara), gunakanlah handsfree atau wireless pada HP anda, jadi salah satu tangan kita tidak terfokus untuk memegang HP kita pada saat telepon, tapi ini juga belum tentu aman apabila kita mendapatkan telepon mengenai berita yang mengusik emosi kita (seperti berita duka- red), cara yang tepat adalah segera minggirkan kendaraan anda apabila mendapat telepon.

Hentikan aktivitas chat atau sms pada HP anda, ini lah yang sebenarnya pengganggu konsentrasi pada para pengemudi, sering kali kecelakaan terjadi terutama pada roda 4 adalah karena membalas chat dari teman kita padahal belum tentu isi chat atau sms yang kita balas memang sangat penting, jadi yang jadi pertanyaan adalah penting mana chat anda atau keselamatan anda???. (untuk pengguna roda 2 sebaiknya jangan membalas sms atau chat anda) kalau memang penting segera pinggirkan kendaraan anda.

dilarang telepon dipombensinJangan menggunakan HP pada pom bensin, ingat aktivitas sinyal pada HP pada saat telepon, sms, chat, internet, dapat mengganggu dispenser bahan bakar pada pom bensin, karena juga dapat menyebabkan kerusakan atau malfunction pada dispenser yang akibat fatalnya terjadi kebakaran, kalau tidak percaya lihat lha gangguan televisi kita apabila kita menelepon atau mendapat sms, bayangkan gangguan itu terjadi pada dispenser pom bensin? tidak kebayangkan.

Ingat keselamatan kita sangat penting, jadi bijaklah menggunakan PONSEL anda terutama pada saat kita berkendaraan.Semoga dapat menambah wawasan Anda dan tentunya bisa bermanfaat ===Asiatronik===

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar